Mudah Dilakukan, 6 Cara Alami Untuk Berhenti 'Ngorok'

Mudah Dilakukan, 6 Cara Alami Untuk Berhenti 'Ngorok'

Ilustrasi tidur mendengkur-Photo by Kampus Production from Pexels-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Mendengkur atau mengorok, bisa jadi sebuah penyakit yang keberadaannya sangat mengganggu, terutama bagi pasangan anda.

Ngorok bisa saja mengindikasikan terjadinya masalah pada sistem pernapasan kita. Hal itu bisa diakibatkan penyempitan saluran saluran pernapasan akibat tersumbat lemak dan lainnya. 

Ngorok juga membuat kualitas tidur menjadi berkurang, karena ketika ngorok terjadi, menandakan asupan oksigen oksigen dari luar tubuh tidak bisa diterima sempurna oleh paru-paru.

Sehingga dapat berbahaya sekali bagi tubuh jika kekurangan oksigen. Lebih parahnya lagi, ngorok juga bisa menyebabkan nafas berhenti.

Berbagai penyebab mendengkur atau ngorok seperti obesitas, tidur terlentang, merokok, tubuh terlalu lelah dan sebab-sebab lainnya.

Untuk solusinya sendiri harus dikembalikan pada sumber penyebabnya tadi dengan tidur posisi miring, jaga berat badan ideal, kurangi rokok.

Selain itu ada beberapa cara mengatasi ngorok secara alami yang bisa dicoba agar tidur terasa lebih nyaman dan kualitas.

Berikut adalah cara menghilangkan ngorok secara alami

1. Ubah Posisi Tidur


Ilustrasi posisi tidur-Photo by Andrea Piacquadio -Pexels

Anda disarankan untuk tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan atau ke kiri.

Hal ini karena posisi tidur telentang dapat menyebabkan pangkal lidah menjadi lebih condong ke belakang tenggorokan, sehingga menghalangi aliran udara di tenggorokan dan menimbulkan suara dengkuran.

Dengan demikian, untuk menghentikan ngorok ubahlah posisi tidur menjadi miring agar udara dapat bergerak bebas melewati tenggorokan Anda.

2. Waktu istirahat yang Cukup

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: