Nasional

Seleksi Dewan Komisioner OJK, Dua Eks Pegawai dan Satu Deputi KPK Lolos Tahap Administrasi

fin.co.id - 31/01/2022, 13:11 WIB

Otoritas jasa keuangan (OJK).

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dua bekas pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Giri Suprapdiono dan Iguh Sipurba, lolos seleksi administrasi calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027. 

Lolosnya kedua eks pegawai KPK yang dipecat lantaran disebut tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) itu tertuang dalam pengumuman Nomor Peng-02/PANSEL-DKOJK/2022. Keduanya termasuk dalam 155 orang yang dinyatakan lolos seleksi administrasi oleh panitia.

"Benar," ujar Giri saat dikonfirmasi, Senin, 31 Januari 2022.

(BACA JUGA: Asesmen TWK Jadi Alat Cuci Tangan Firli Singkirkan Novel Baswedan dkk)

Giri berujar OJK merupakan lembaga yang strategis dan progresif serta mempunyai otoritas besar dalam menjaga stabilitas dan pemulihan ekonomi. Atas dasar itu, ia ingin terlibat lebih jauh dalam mencapai tujuan-tujuan di sektor keuangan yang berintegritas. 

"Harapannya kehadiran kami akan menjadi bagian pembangunan sektor keuangan yang berintegritas, stabil dan profesional melalui antikorupsi, edukasi, dan perlindungan bagi masyarakat," kata dia. 

Ia mengaku sudah memperoleh izin dari Polri untuk mengikuti seleksi calon anggota Dewan Komisioner OJK. 

(BACA JUGA: Disebut Pernah Ikut Raker Mewah KPK, Giri Suprapdiono: Kalau Tidak Hadir Kami Langgar Aturan)

"Mewakili dan diizinkan Polri dalam mengikuti proses ini sangatlah membanggakan kami. Ini masih tahap awal, masih panjang proses ke depan," imbuhnya. 

Giri dan Iguh merupakan bagian dari 57 pegawai KPK yang dipecat pimpinan KPK era Firli Bahuri dkk dengan dasar tidak lolos asesmen TWK dalam rangka alih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Keduanya memutuskan menerima tawaran Polri untuk menjadi ASN Korps Bhayangkara setelah melalui berbagai mekanisme hukum untuk melawan tindakan pemecatan tersebut. 

(BACA JUGA: KPK Bantah Pecat 75 Pegawai Akibat Tak Lulus TWK)

Sebelum meninggalkan KPK, Giri merupakan Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi. Sedangkan Iguh merupakan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penyelidik.

Lebih lanjut, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, juga termasuk ke dalam 155 orang yang lolos seleksi administrasi calon anggota Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027.

Setelah ini, Giri, Iguh, Pahala serta ratusan peserta lainnya akan mengikuti seleksi tahap II yang meliputi penilaian masukan dari masyarakat, rekam jejak, dan makalah.

Admin
Penulis
-->