Ahok Dijagokan Jadi Komandan Otorita IKN, PDIP: Perlu Pemimpin yang Berani dan Visioner

Ahok Dijagokan Jadi Komandan Otorita IKN, PDIP: Perlu Pemimpin yang Berani dan Visioner

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok -Basuki Tjahaja Purnama-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut-sebut diproyeksikan sebagai Kepala Otorita IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

Nama Ahok diusulkan oleh PDIP. Mantan Gubernur DKI Jakarta  itu dinilai memiliki kapasitas sebagai Kepala Otorita IKN. 

Selain Ahok, ada beberapa nama lain yang santer digadang-gadang bakal menjadi calon Kepala Otorita IKN. Salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

(BACA JUGA:Jokowi Ketemu Megawati, Nama Ahok Mencuat Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara )

"Dari perspektif kriteria itu, PDIP telah menyampaikan usulan. Kita punya harapan besar dengan Ibu Kota Negara yang di Pulau Kalimantan itu. PDIP mengusulkan ada beberapa nama. Diantaranya ada Basuki Tjahaja Purnama untuk memimpin IKN. Karena yang bersangkutan dinilai memiliki pengalaman mumpuni dalam memimpin daerah," Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Meski sudah memiliki jagoan, PDIP menyerahkan semua keputusan kepada Presiden Joko Widodo. "Pak Basuki Tjahaja Purnama punya kepemimpinan yang cukup baik. Terutama selama menjabat wakil gubernur dan gubernur di Jakarta," imbuhnya.

Menurutnya, IKN Nusantara memerlukan pemimpin yang berani dan memahami kultur kebudayaan bangsa. Hasto mengakui memang ada banyak nama yang dipertimbangkan oleh Presiden Jokowi.

(BACA JUGA:Ferry Koto: PKS dan Edy Mulyadi Tolak Pindah IKN Karena Gak Rela Jokowi Dikenang)

"Selain berani dan visioner, Kepala Otorita IKN, juga harus tetapi memahami kultur kebudayaan bangsa, serta tata kota yang baik yang punya orientasi terhadap gambaran tentang posisi Indonesia di kepemimpinan antar bangsa," tutur Hasto.

PDIP, lanjutnya menyakini siapapun yang nanti ditetapkan oleh Jokowi tentu sudah memenuhi kualifikasi yang diharapkan.

Seperti diketahui, ada sejumlah kandidat yang dinilai layak menjadi Kepala Otorita IKN. Antara lain mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

(BACA JUGA:Ngabalin: Kalau Presiden Pilih Ahok Pimpin IKN, Kenapa Kalian Gelisah? )

Bahkan Jokowi secara spesifik menyebut calon Kepala Otorita IKN Nusantara adalah orang yang pernah jadi kepala daerah dan berlatar belakang arsitek.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Huse

Tentang Penulis

Sumber: berbagai sumber