Penikmat Wajib Tahu, Beda Kopi Arabika dan Robusta

Penikmat Wajib Tahu, Beda Kopi Arabika dan Robusta

Ilustrasi Kopi-Photo by Burst-Pexels

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Indonesia dikenal sebagai surga kopi dunia, karena tidak ada satupun negara di dunia yang memiliki keragaman kopi seperti di Indonesia. 

Bayangkan di Sumatera saja hampir semua kabupaten mulai dari provinsi Aceh hingga Lampung bisa tumbuh kopi dengan citarasa yang spesifik. 

Bukan hanya di Sumatera saja, bahkan wilayah-wilayah di pulau Jawa, Sulawesi, Bali, Nusatenggara, hingga Papua memiliki kopi yang khas. 

(BACA JUGA:10 Kuliner Khas Dengan Citarasa Pedas Yang Wajib Anda Coba)

(BACA JUGA:4 Kedai Kopi Kekinian di Jakarta yang Bisa Banget Dijadikan Tempat Nongkrong Asik, Cobain Yuk!)

Secara garis besar ada dua jenis kopi, yaitu Arabika dan Robusta. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, namun jarang orang yang mengetahuinya meski ia seorang penikmat kopi. 

Secara sederhana, orang biasanya membedakan kopi Arabika dengan Robusta yaitu,  Arabika itu kopi yang rasanya manis, sedangkan Robusta itu pahit. Atau bisa juga Arabika itu harganya kopi mahal dan Robusta kopi yang harganya lebih murah.

Fin.co.id berusaha merangkum dua jenis kopi yang umum berada di tiap daerah di wilayah Indonesia sebagai berikut: 

1. Kopi Arabika

Arabika adalah jenis kopi yang berasal dari dataran tinggi Ethiopia Barat. Arabika itu sendiri disebut demikian karena karena pada abad ke-7, biji kopi ini dibawa ke sebuah daerah dataran rendah di Arab.

Umumnya jenis kopi ini tumbuh pada ketinggian sekitar 3.000-7.000 kaki di atas permukaan laut. 

(BACA JUGA:Sate Klatak, Kuliner Khas Kota Pelajar Yang Melegenda)

Sumber: