10 Kuliner Khas Dengan Citarasa Pedas Yang Wajib Anda Coba

10 Kuliner Khas Dengan Citarasa Pedas Yang Wajib Anda Coba

Pempek Kapal Selam Palembang--traveloka.com

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Indonesia sangat terkenal di dunia karena memiliki banyak macam kuliner khas yang rasanya sangat lezat. 

Bahkan, salah satu kuliner khas Sumatera Barat yaitu rendang, diakui sebagai makanan terlezat di dunia menurut survei CNN pada tahun 2011. 

Alam Indonesia yang sangat kaya dengan rempah-rempah, menjadikan citarasa masakan khas Indonesia memiliki ciri khusus. Salah satu yang mencirikan kuliner khas Indonesia yaitu masakan dengan citarasa pedas. 

(BACA JUGA:5 Kuliner Wajib Saat Berkunjung Ke Cirebon, Nomor 2 Gak Ada di Tempat Lain)

(BACA JUGA:Sate Klatak, Kuliner Khas Kota Pelajar Yang Melegenda)

Nah, apa saja kuliner khas Indonesia yang memiliki citarasa pedas dan wajib anda coba? berikut Fin.co.id rangkum dalam 10 kuliner khas dengan citarasa pedas di Indonesia. 

1. Rendang

Rendang, kuliner khas dari Sumatera Barat ini telah telah masuk ke dalam daftar makanan terenak versi CNN. CItarasa unik yang diberikan oleh rendang berasal dari santan kelapa dan juga jumlah cabai yang banyak. Rendang menggunakan bahan utama daging sapi dan setelah masak lama, warnanya cenderung coklat kehitaman. Namun rasa pedasnya sangat luar biasa dengan bumbu santan yang sudah kental. 

2. Mie Aceh

Mie Aceh adalah kuliner khas Aceh yang memiliki citarasa sangat pedas. Rasa pedas yang bercampur dengan rasa khas rempah-rempah itu menciptakan aroma yang kuat ketika matang. Bumbu rempah yang digunakan dalam masakan ini antara lain kapulaga, jintan, lada, kayu manis, cengkeh, bunga pekak, hingga ketumbar. 

Rempah-rempah yang terdapat didalam kuliner tersebut ikut menyumbang rasa pedas yang menghangatkan tubuh. Jika dilihat dari bentuknya, mie Aceh bentuknya lebih besar daripada mie pada umumnya dan berbagai macam daging atau seafood biasanya ikut menjadi bahan utamanya.

Sumber: