Tips Olahraga Aman di Masa Pandemi Omicron

Tips Olahraga Aman di Masa Pandemi Omicron

Seorang pria melakukan olahraga lari (Jogging) di alam terbuka-Pexels - Pixabay-

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dokter spesialis olahraga, dr Anita Suryani membagikan tips agar kita bisa menjaga imun tubuh tetap baik, agar kita tidak mudah terserang penyakit, terutama Covid-19. 

"Intinya adalah melakukan olahraga yang teratur, pola makan yang baik, istirahat yang cukup serta tetap menjaga kebersihan dalam beraktifitas," demikian disampaikan dr Anita kepada Fin.co.id, dikutip Sabtu, 15 Januari 2022. 

Aktivitas fisik secara teratur, kata dr Anita, sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Seseorang yang jarang berolahraga, daya tahan fisiknya biasanya lebih rendah ketimbang yang rajin berolahraga.

(BACA JUGA:Kenapa Minum Air Secukupnya Itu Penting, Begini Penjelasan dr Tirta) 

Namun demikian, dengan situasi pandemi ini kita seringkali merasa ragu ketika hendak melakukan olahraga, khususnya jika melakukan aktivitas di luar rumah bersama-sama dengan orang lain, seperti pada olahraga senam aerobik atau bersepeda. 

Banyak yang beranggapan bahwa aktivitas olahraga yang dilakukan secara bersama-sama sangat rentan menjadi ajang penularan penyakit, khususnya Covid-19. 

Disisi lain, jika kita melakukan olahraga seorang diri, terkadang sifat malas kita muncul dan tidak timbul semangat untuk rutin melakukan olahraga tersebut. 

(BACA JUGA:dr Tirta Nge-Gas: Edukasi Kesehatan Dipenjara, Kabur Karantina Karena Sopan Malah Bebas)

Menurut dr Anita, bagi seseorang yang merasa malas dan takut untuk berolahraga di masa pandemi ini, maka pertama kali harus ditanamkan di dalam pikiran bahwa olahraga itu penting dan merupakan kebutuhan kita. 

"Bukan kita tambah tua jadi berhenti berolahraga, tapi karena stop olahraga jadi kita bertambah tua. Jadi olahraga kalau nunggu sempat, gak bakal sempat. Jadi sempatkanlah olahraga karena terbukti mengurangi semua sebab kematian dengan latihan kardio, latihan aerobik, bersepeda berenang selama 3-5 kali seminggu selama 30-60 menit atau 100-150 menit perminggu," ujar dr Anita.

Lalu, bagaimana caranya agar saat berolahraga aman dari paparan Covid-19?

(BACA JUGA:Menangis Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan, Simak Disini…)

dr Anita Suryani pun memetakan hal itu dalam empat bagian. Menurutnya, jika empat bagian tersebut betul-betul diperhatikan, maka hal itu bisa memperkecil penularan covid-19 disaat kita berolahraga. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: