Gunakan Software untuk Tangkal Corona, Roy Suryo: Maaf Bu Risma, Itu Bukan Virus Komputer

Gunakan Software untuk Tangkal Corona, Roy Suryo: Maaf Bu Risma, Itu Bukan Virus Komputer

JAKARTA- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan software atau perangkat lunak untuk mengantisipasi wabah virus corona di masyarakat. Software yang dimaksud Risma, adalah aplikasi yang berisikan petunjuk dan cara melawan Covid-19.

Praktisi multimedia, telematika dan pemerhati publicHealth Roy Suryo mengatakan, istilah yang dipakai Risma untuk menghadapi virus corona tidak tepat. Dia mengatakan, istilah Software untuk pencegahan virus corona terkesan berlebihan. Sebab, kata dia, virus corona bukan semacam virus komputer.

"Maaf bu Risma, SARS-CoV-2 ini jenis Virus BIOLOGIS lho, BUKAN Virus KOMPUTER, Saya tahu maksudnya, tetapi istilah "SOFTWARE Pencegahan" ini tidak tepat, kalau yg dimaksud adalah APLIKASI yang bisa didownload di HP / Gadget." Tulis mantan kader Demokrat ini melalui akun twitternya yang dikutip FIN pada Senin (16/3).

Dia menyarankan Risma agar tidak menggunakan kata-kata yang berlebihan di hadapan publik. "Jadi sebaiknya jangan gunakan kata-kata yang (sok) Canggih," sambung Roy Suryo.

Akibat cuitan tersebut, Roy Suryo mengaku diserang oleh netizen. Namun demikian dia tetap pada cuitannya, bahwa Risma menggunakan istilah yang salah dan berlebihan.

"Ha-3x, Banyak yg sewot dikira saya nggak baca beritanya . SALAH BESAR !. Makanya BACA baik2 Twit diatas, Justru karena Saya TAHU Maksud-nya makanya MENGKOREKSI (karena Ybs memang SALAH istilah). Buktinya SEMUA MEDIA menuliskan kata "SOFTWARE" yg sama, bukan (seharusnya) APLIKASI." Tulis mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga era SBY ini.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, mengatakan telah menyiapkan software untuk menghadapi Covid-19. Software yang dimaksud adalah aplikasi berisikan petunjuk dan cara pencegahan virus.

"Software ini berisi petunjuk bagaimana lawan Covid 19. Di situ kita semua tahu apa-apa yang harus kita lakukan, saya berharap seluruh warga Surabaya mengikuti ini. Kata usahakan bisa diakses melalui mobile app," kata Risma saat konferensi pers di Rumah Dinasnya, Minggu (15/3/2020).

Dia berharap dengan adanya aplikasi itu warga Surabaya bisa mengikuti petunjuk di dalamnya. "Sehingga masyarakat bisa mengetahui progresnya dan apa yang harus dilakukan sedini mungkin," kata Wali Kota Risma. (dal/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: