Waw! Perputaran Uang pada Ajang IATC dan WSBK di Sirkuit Mandalika Tembus Rp10 Miliar

Waw! Perputaran Uang pada Ajang IATC dan WSBK di Sirkuit Mandalika Tembus Rp10 Miliar

JAKARTA - Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, perputaran uang pada dua ajang balapan Asian Talent Cup (IATC) dan Wolrd Superbike (WSBK) mencapai lebih dari Rp10 miliar.

"Dampaknya puluhan miliar uang beredar di sekitar Kuta area WSBK Sirkuit Mandalika," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Tengah, Ikhsan, Rabu (24/11/2021).

Ikhsan menambahkan, ajang WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika telah mendorong pertumbuhan UMKM, khususnya di Lombok Tengah. Selain itu, ajang ini juga telah memberikan peluang ekonomi bagi pelaku jasa lainnya seperti hotel, restoran dan warung di area Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Ini awal kebangkitan para pelaku UMKM di Lombok Tengah. Ke depan tentunya akan lebih baik, terlebih dengan adanya ajang MotoGP 2022 mendatang. Artinya sekitar puluhan miliar perputaran uang di ajang WSBK ini," ujarnya.

Ikhsan merinci, jumlah gerai yang akan disiapkan bagi para pelaku UMKM Lombok Tengah di dua ajang tersebut sekitar 50 gerai dengan ukurannya yang cukup luas.

Adapun gerai UMKM yang disiapkan itu lokasinya berada di area Parkir Barat sebanyak 20 unit dan di area parkir sisi timur Sirkuit Mandalika sebanyak 20 unit.

"10 unit lagi di siapkan di dalam area Sirkuit. Sehingga total stan yang disiapkan itu 50 unit bagi UMKM Lombok Tengah," imbuhnya.

Ikhsan menyebut, dari 600 produk UMKM yang mengikuti kurasi merchandise untuk MotoGP atau WSBK, terdapat sekitar 300 produk lulus kurasi, baik itu makanan olahan, kerajinan tenun dan kerajinan ketak maupun makanan kuliner lainnya.

"Itu yang lulus kurasi sesuai dengan ketentuan dari MGPA atau pemerintah pusat," ujarnya.

Seperti diketahui, Sirkuit Pertamina Mandalika Internasional, Lombok Tengah menjadi lokasi balapan ajang Idemitsu Asian Talent Cup yang telah digelar dan World Superbike pada 19-21 November 2021.

Selain itu, berdasarkan kalender yang telah dirilis Dorna Sport, Sirkuit Mandalika Lombok akan menjadi tuan rumah balap MotoGP 2022. (der/ant/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: