Peluang PSM Menjajikan di AFC

Peluang PSM Menjajikan di AFC

 MAKASSAR — Peluang PSM di Piala AFC 2021 cukup memberi harapan. Terbukti pada 2019 Pasukan Ramang lolos hingga semifinal untuk wilayah Asia Tenggara. Sementara tahun ini, sebelum dihentikan, PSM telah melakoni tiga laga. Peluangnya ke semifinal zona Asean masih terbuka. Pasukan Ramang hanya tertinggal satu poin dari peringkat dua Grup H, Kaya Ilo Ilo FC yang mengoleksi 5 poin. Sedang pimpinan klasemen sementara dipegang oleh Tampines Rovers (Singapura) dengan poin 7. Kendati demikian, kepastian PSM Makassar menjadi klub wakil Indonesia untuk Piala AFC 2021 kembali jadi tanda tanya. Klub kebanggaan warga Makassar ini, disebut-sebut terancam tidak lolos karena permasalahan lisensi.

BACA JUJGA: Kasus Munir Jangan Dihentikan, Selidiki Pula Meninggalnya Pollycarpus

Seperti tahun-tahun sebelumnya, AFC Club Licensing 2019 ini, terdapat lima kriteria penilaian yang dievaluasi. Kelimanya yakni menyangkut keolahragaan, infrastruktur, personal dan administrasi, legal, dan finansial. Berdasarkan sumber FAJAR yang enggan disebut namanya, PSM Makassar ternyata memiliki laporan di FIFA terkait tunggakan ke mantan pemain dan pelatih. "Kecuali semua laporan dicabut maka peluang itu ada," katanya, kemarin. Pada lisensi 2019 PSM termasuk yang lolos sempurna. Ada 16 klub Liga 1 2019 yang berpartisipasi dalam kegiatan Club Licensing tahun itu. Seperti biasa, ada tiga kategori keputusan terkait pengajuan lisensi ini, yaitu granted atau dinyatakan lolos, granted with sanction yang artinya lolos bersyarat, dan rejected atau ditolak.

BACA JUGA: Ali Mochtar Ngabalin Ditulis sebagai Tukang Bacot dan Ngibul di Wikipedia

Dari total 16 klub Liga 1 2019 yang mengajukan lisensi tersebut, ada enam klub yang mendapatkan status granted atau lolos untuk mendapatkan lisensi klub AFC. Keenam klub itu adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar. Sementara itu, ada dua klub tambahan yang dinyatakan lolos, tetapi masih dengan catatan, atau yang disebut granted with sanction. Pemuncak klasemen sementara Liga 1 2019, Bali United, dan juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC. Jadi jika PSM Makassar tidak mendapatkan lisensi, maka Persebaya Surabaya yang akan menggantikan, sebagai runner up Liga 1 2019. Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim menyampaikan, pihaknya belum tahu lebih jauh akan hal tersebut. "Kami belum dapat pemberitahuan resminya," elaknya. Menurut Sule, manajemen PSM Makassar menunggu saja pemberitahuan resmi. Terkait tunggakan, dia enggan membahasnya. (sal/iad)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: