Zona Oranye Harus Diperketat

Zona Oranye Harus Diperketat

JAKARTA - Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang Covid-19 bukanlah wilayah yang aman untuk ditempati. Zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Jumlahnya mencapai 378 daerah. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti 28 kabupaten/kota yang skornya hampir mendekati zona merah. "Zona merah berarti skornya dibawah 1,81. Zona oranye skornya antara 1,81 - 2,4 dan zona kuning 2,41 -3 dan zona hijau lebih dari 3," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di BNPB, Jakarta, Jumat (25/12).

BACA JUGA: Muannas Ingatkan Tengkuzul: Jangan Bikin Gaduh, yang Dilaporkan Bukan Mimpi Bertemu Rasulnya

Wiku menegaskan daerah-daerah tersebut perlu serius menyikapi hal itu. Karena sudah mendekati zona merah. Pada skor 1,81 ada 4 daerah diantaranya di Mihasa Selatan (Sumatera Utara), Sumba Tengah (NTT), Banyumas (Jawa Tengah) dan Kota Bekasi (Jawa Barat).

BACA JUGA: Soal Laporan Munarman, Muannas Alaidid: Jangan Tanya Fadli Zon, Salah Bener yang Penting Ngomong

Skor 1,82 ada 5 daerah diantaranya berada di Gunung Mas dan Barito Timur (Kalimantan Tengah), Bekasi (Jawa Barat), Jakarta Utara (DKI Jakarta) dan Kota Palembang (Sumatera Selatan). Lalu skor 1,83 ada 2 daerah yakni Jepara (Jawa Tengah) dan Bandung (Jawa Barat). Skor 1,84 di Mukomuko (Bengkulu) dan Kota Medan (Sumatera Utara).

BACA JUGA: Soal Afirmasi Ahmadiyah, Tifatul: Konsultasi sama Wapres, Beliau yang Nyatakan Menyimpang

Skor 1,85 ada 4 daerah yakni Kapuas (Kalimantan Tengah), Kota Kediri (Jawa Timur), Karanganyar dan Pati (Jawa Tengah). Skor 1,86 di Grobafab (Jawa Tengah) dan Bengkulu Utara (Bengkulu). Skor 1,87 di Pamekasan (Jawa Timur).

BACA JUGA: Reaktif Covid-19, Polda Jadwal Ulang Klarifikasi Haikal Hasan Soal Mimpi Rasulullah

Skor 1,88 di Gowa (Sulawesi Selatan), Kota Pangkal Pinang (Kep Bangka Belitung) dan Lampung Selatan (Lampung). Dan skor 1,9 berada di Mimika (Papua), Ngawi dan Lamongan (Jawa Timur), serta Magelang dan Pekalongan (Jawa Tengah).

BACA JUGA: Jelang Nikah, Vicky Prasetyo Menaruh Harapan Besar kepada Azka Corbuzier

"Sedikit saja pemimpin daerah dan masyarakat lengah, maka kabupaten/kota ini dapat berpindah menjadi zona merah. Ini jangan sampai terjadi, dan harus dihindari. Karena itu, disiplin 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) harus terus diperketat," pesan Wiku. Untuk itu, Satgas Covid-19 meminta keseriusan dari pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat betul-betul menjaga kabupaten/kota ini. "Kita harus terus berupaya memperbaiki penanganan agar risiko penularannya menurun. Karena keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," pungkasnya. (rh/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: