Prokes Tak Bisa Dilakukan Sendirian

Prokes Tak Bisa Dilakukan Sendirian

BANDUNG - Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo mengingatkan disiplin protokol kesehatan COVID-19 tidak bisa dilakukan sendirian. Sebab, manfaatnya tidak akan optimal. "Saya disiplin, tapi orang di sekitar tidak disiplin. Itu tidak ada gunanya," tegas Doni usai menghadiri rapat koordinasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Barat di Kodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (28/12).

BACA JUGA: Istri Ustaz Maaher Ajukan Penangguhan Penahanan Sang Suami ke Bareskrim Polri

Menurut Doni, kedisiplinan terhadap protokol kesehatan itu harus dilakukan secara kolektif. Bahkan, protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebelum adanya vaksin yang siap digunakan. "Disiplin pribadi penting. Tetapi disiplin kolektif akan jauh lebih penting lagi. Karena itu, seluruh pihak wajib menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak)," imbuhnya. Setiap daerah diminta agar meningkatkan upaya pencegahan mulai dari pengoptimalan Posko Satgas COVID-19 di setiap kabupaten dan kota.

BACA JUGA: Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tidak Akan Bentuk TGPF Kasus Penembakan 6 Laskar FPI

Hal itu, lanjutnya, penting untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Sehingga, kawasan yang belum patuh terhadap protokol kesehatan bisa terdeteksi oleh aparat. "Deteksi kawasan yang belum patuh. Apakah itu terminal, pasar, perkantoran, bahkan di keluarga. Ini semua dibutuhkan kerja sama. Tidak bisa sendirian," terang Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.(rls/rh/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: