Indonesia Tutup Pintu Masuk WNA

Indonesia Tutup Pintu Masuk WNA

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengumumkan, bahwa mulai 1 Januari 2021, seluruh Warga Negara Asing (WNA) dari negara mana pun untuk sementara dilarang masuk ke Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, langkah ini diambil pemerintah Indonesia setelah munculnya strain baru virus korona (covid-19) yang tingkat penyebarannya lebih cepat. "Rapat kabinet terbatas tanggal 28 Desember 2020 memutuskan, menutup sementara pintu masuk bagi warga negara asing, dari tanggal 1 Januari sampai 14 Januari 2021," kata Retno di Jakarta, Senin (28/12).

BACA JUGA: Belum Kunjung Negatif Covid-19, Wagub DKI Doakan Anies Baswedan

Retno menambahkan, keputusan tersebut tidak berlaku bagi WNA yang tiba di Indonesia hari ini hingga 31 Desember mendatang. Artinya, WNA masih diperbolehkan masuk sesuai aturan kesehatan yang berlaku. "Aturan yang berlaku tertuang dalam addendum Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 3 Tahun 2020," ujarnya. Isi surat tersebut meminta, bagi WNA yang berkunjung ke Indonesia wajib menunjukkan hasil negatif melalui hasil test Polymerase Chain Reaction (PCR) di negara asal yang berlaku, maksimal 2 kali 24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatan EHAC.

BACA JUGA: Ruhut Sitompul Sindir Natalius Pigai: Kaca Saja Takut Lihat Gantengnya Kau

Kedua, pada saat kedatangan di Indonesia, mereka juga harus melakukan pemeriksaan ulang RT/PCR. Apabila menunjukkan hasil negatif maka warga negara melakukan karantina wajib 5 hari terhitung sejak tanggal kedatangan. Ketiga, setelah karantina 5 hari melakukan pemeriksaan ulang RT/PCR dan apabila hasilnya negatif maka pengunjung diperkenankan meneruskan perjalanan. "Meski demikian, warga negara Indonesia (WNI) tetap diizinkan kembali ke Indonesia saat larangan untuk WNA berlaku. Namun, sesuai dengan surat edaran yang sama, para WNI juga harus mengikuti protokol kesehatan yang sama dengan WNA," terangnya.

BACA JUGA: Fadli Zon Sebut Penembakan 6 Laskar FPI Pelanggaran HAM, Faizal Assegaf: Stop Komporin Umat, Kalau Ada Bukti Sodorkan

Selain itu, kata Retno, penutupan sementara perjalanan WNA ke Indonesia dikecualikan bagi kunjungan resmi pejabat setingkat menteri ke atas. Namun, dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Pemerintah sebenarnya telah memperketat gerbang kedatangan Internasional khususnya bagi pelaku perjalanan dari Inggris, Eropa dan Australia. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru Dalam Masa Pandemi COVID-19. Dalam SE itu diatur beberapa tahapan bagi Warga Negara Asing (WNA) maupun Warga Negara Indonesia (WNI) dari negara asing. Khusus WNA dari Inggris, baik secara langsung maupun transit di negara asing, tidak dapat memasuki wilayah Indonesia untuk sementara waktu. "Dan bagi WNA dari wilayah Eropa dan Australia, baik secara langsung maupun transit harus menunjukan hasil tes negatif RT-PCR yang dikeluarkan fasilitas kesehatan di negara asal yang berlaku maksimal 2 x 24 jam sebelum tanggal jam keberangkatan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (der/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: