News

Megawati Beberkan Alasan Ahok Mundur dari Pertamina: Gimana Kalau Enggak Ada Gaji?

fin.co.id - 2024-05-25 09:32:19 WIB

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

FIN.CO.ID - Mantan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat meminta izin terlebih dahulu kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk keluar dari Pertamina. Dihadapan ribuan kadernya itu, Megawati menceritakan Ahok sempat meminta untuk bertemu dengan Presiden RI ke-5 itu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Megawati saat menyampaikan pidato politik pada pembukaan Rakernas PDIP Ke-5 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Jumat 24 Mei 2024. Permintaan tersebut pun sempat ditolak oleh Megawati. Namun karena permintaan tersebut terlihat serius, akhirnya Megawati  mengabulkan permintaan Ahok untuk bertemu.

BACA JUGA:

Saat itu, ceritanya, dia meminta izin mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Karena sudah tidak sejalan lagi dengan atasannya.

"Oh ada juga yang masih diingat ya, jadi waktu itu, 'ibu, saya boleh enggak ketemu', saya bilang 'enggak boleh'. 'Ada yang mau saya omongin', kok kayanya ini (penting) sekali ya, serius. 'Yaudah datang'," kata Megawati.

Dalam pertemuan itu, kata Megawati, Ahok bilang sudah tidak sejalan lagi dengan pimpinannya. Maka itu, sambungnya, Ahok ingin pamit dari Pertamina.

"Ibu saya mau pamit', 'loh pamit ke mana?' 'Pamit keluar', saya pikir mau keluar negeri jadi saya hanya bilang 'sana pergi', oleh-oleh ya, tau-tau 'bukan ibu, saya mau keluar dari pertamina', 'loh kok keluar dari pertamina?' 'Karena saya tidak sejalan sama bos saya'," tambah Megawati dalam ceritanya itu.

Saat Megawati menceritakan momen tersebut, Ahok yang duduk di dekat Djarot Saiful Hidayat itu pun terlihat tertawa mendengarnya. Selain itu, Megawati juga sempat mengkhawatirkan keuangan untuk keluarga kecilnya Ahok, namun bagi politikus keturunan Tionghoa-Indonesia itu bukanlah masalah besar, bahkan sudah diperhitungkan olehnya.

Alih-alih keluar dari Pertamina, kata Megawati, Ahok justru tetap menunjukan kesetiaannya kepada PDI Perjuangan. Dia juga sempat meminta izin untuk tetap berada di PDI Perjuangan meski sudah tak lagi menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). 

"Saya kaget juga loh gimana nanti keluarganya. 'Gimana kalau enggak ada gaji? Sip bu pokoknya semuanya beres. Oke silakan. Saya boleh terus ikut di PDI Perjuangan? Sip'. Keren enggak tuh? Makanya orang mestinya seneng sama PDI Perjuangan. Tapi pada kenyataannya susah karena orang-orang yang di PDI Perjuangan adalah orang yang mantep, tidak goyang," pungkasnya.

BACA JUGA:

(Intan Afrida Rafni)

Admin
Penulis