News

Kisah Petani di Pandeglang Bisa Naik Haji Usai Menunggu 13 Tahun

fin.co.id - 2024-05-24 10:48:39 WIB

Petani Burhanudin Naman Kiram (80), naik haji.

FIN.CO.ID - Seorang petani di Pandeglang, Banten, mewujudkan mimpinya menunaikan ibadah haji setelah menunggu 13 tahun. Burhanudin Naman Kiram (80), mengaku selalu bersabar menunggu tahun demi tahun untuk bisa ke Tanah Suci guna menunaikan rukun Islam yang ke lima.

Burhanudin merupakan jemaah haji kloter 29 gelombang 2 yang akan berangkat haji Sabtu 25 Mei 2024 melalui bandara Soekarno Hatta (Soetta) dengan pesawat Garuda Indonesia. Dia mengaku sudah menunggu 13 tahun lamanya untuk berhaji.

BACA JUGA:

"Saya daftar dari tahun 2011, alhamdulillah besok saya berangkat," ujarnya saat ditemui FIN.CO.ID dari Disway Group di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Jumat 24 Mei 2024.

Burhanudin yang tak bisa berbahasa Indonesia melainkan hanya bisa bahasa Sunda ini mengaku meminta bantuan rekannya untuk menerjemahkan, jika ia membutuhkan sesuatu. "Saya ngerti sedikit saja bahasa Indonesia, selebihnya minta bantuan teman," ujarnya.

Sehari-harinya, Burhanudin hanyalah seorang petani di sawah. Dia juga mengaku ini pertama kalinya dirinya naik pesawat.

"Saya cuma garap sawah saja, ini pertama kalinya naik pesawat, deg-degan sedikit," katanya.

Burhanudin berharap, selama menjalankan rangkaian ibadah haji, dirinya bisa dilancarkan dan diberikan kemudahan. "Semoga lancar sampai sana, mohon doanya ya," ujarnya.

Sebagai informasi, gelombang dua jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan sejak 23 Mei-10 Juni 2024. Tahun ini, ada sekitar 241.000 jamah haji, dan 45.000 di antaranya merupakan jamaah usia lanjut.

BACA JUGA:

(Sabrina Hutajulu)

Admin
Penulis