News

Jerman Siap Jalankan Perintah ICC Tangkap PM Israel Benjamin Netanyahu

fin.co.id - 2024-05-24 07:20:00 WIB

Juru Bicara Pemerintah Jerman Steffen Hebestreit menjawab pertanyaan wartawan di Berlin, Jerman pada 10 Juni 2022. [Abdulhamid Hoşbaş – Anadolu Agency]

FIN.CO.ID-  Jerman mengakui siap mematuhi perintah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk menangkap Perdana Menteri (PM) Israel Benyamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Israel Yoaf Gallant atas kejahatan perang di Gaza. 

juru bicara Kanselir Jerman Steffen Hebestreit mengatakan, Jerman siap jika surat perintah penangkapan Benjamin Netanyahu resmi dikeluarkan oleh ICC. 

“Tentu saja. Ya, kami mematuhi hukum" katanya saat menjawab pertanyaan wartawan di Berlin, seperti diwartakan Middle East Monitor. 

BACA JUGA:

“Pada prinsipnya, kami mendukung ICC dan akan tetap seperti itu" katanya. 

Dia mengatakan bahwa Jerman menghormati independensi dan prosedur ICC. 

 “Mendukung pada prinsipnya berarti menganggap serius keputusan ICC dan melaksanakannya.”

Pada Senin 20 Mei lalu jaksa Karim Khan mengumumkan bahwa dirinya telah mengajukan surat perintah penangkapan terhadap Benjamin Netanyahu, Yoaf Gallant. 

Selain itu, ICC juga bakal tangkap kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh, kepala sayap militer Hamas Mohammed Diab Ibrahim Masri, dan pemimpin Hamas di Jalur  Gaza Yahya Sinwar.

BACA JUGA:

Keputusan mengenai apakah surat penangkapan dikeluarkan akan diputuskan oleh panel yang terdiri dari tiga hakim ICC, yang akan menilai bukti-bukti yang diajukan. 

Meski begitu, Jerman tetap menjadi salah satu pendukung terkuat serangan militer Israel di Gaza meskipun ada tekanan publik yang meningkat.  

Juru bicara Kanselir Olaf Scholz telah berulang kali mengatakan bahwa Jerman memikul tanggung jawab khusus terhadap Israel karena sejarah Nazi-nya. (*)

Admin
Penulis