Penanganan Darurat Erupsi Gunung Ruang, BNPB Siapkan 1 Helikopter

Penanganan Darurat Erupsi Gunung Ruang, BNPB Siapkan 1 Helikopter

Erupsi gunung ruang--

FIN.CO.ID- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan satu helikopter guna membantu upaya penanganan darurat bagi warga di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dan sekitarnya yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

"Ada satu unit helikopter yang disiagakan di Lapangan Bola Stadion Klabat, Kota Manado," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu, 21 April 2024.

Dia mengatakan, nantinya helikopter tersebut siap mendukung segala keperluan kedaruratan baik itu untuk logistik maupun evakuasi warga.

BACA JUGA:

"Baik untuk mengangkut segenap bantuan logistik maupun evakuasi warga di Kepulauan Sitaro dan sekitarnya," kata dia.

BNPB berharap upaya penanganan darurat evakuasi dan penyaluran bantuan bisa berjalan maksimal karena sebelumnya hanya mengandalkan transportasi kapal laut dari Basarnas dan TNI AL.

​​​​​​"Keselamatan warga menjadi hal yang diprioritaskan," ujarnya. 

Berdasarkan data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB per Sabtu, 20 April 2024 pukul 14.00 WIB ada 10 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro terdampak material vulkanik erupsi Gunung Ruang.

"Rincian warga yang terdampak dan mengungsi meliputi 506 warga Desa Laingpatehi, 332 warga Desa Pumpete. Sebanyak 679 warga Desa Tulusan mengungsi di Desa Batumawira, Desa Bira, Desa Buha dan Desa Kisihang yang berada di Kecamatan Tagulandang," kata Muhari.

BACA JUGA:

Selain itu, ada sebanyak 83 warga Desa Barangka Pehe mengungsi di Gedung Gereja Yerussalem yang sudah memiliki dapur umum dan dikelola oleh warga jemaat sekitar.

Kurang lebih 6.045 warga Desa Kelurahan Bahoi dan Kelurahan Balehumara mengungsi di Kecamatan Tagulandang Utara. 

"Jumlah total pengungsi hingga saat ini masih dalam proses pendataan," ujarnya.

Adapun jumlah pengungsi yang berada di Desa Lesah ada sebanyak 31 warga pasien RSUD Batuline di lokasi Gereja Betel Paninteang. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: