Komnas HAM Prihatin Hanya Dalam 2 Bulan Terdapat 12 Kasus Kekerasan di Papua

Komnas HAM Prihatin Hanya Dalam 2 Bulan Terdapat 12 Kasus Kekerasan di Papua

Anggota TNI Gugur ditembak KKB Papua--Puspen TNI

FIN.CO.ID- Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menyebutkan ada 12 kasus kekerasan yang terjadi di Papua dalam kurun waktu dua bulan, Maret dan April 2024.

Ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro mengatakan, pihaknya prihatin atas 12 peristiwa kekerasan di Papua selama 2 bulan terakhir. 

"Komnas HAM menyatakan keprihatinan dan memberikan atensi terhadap setidaknya 12 peristiwa kekerasan terjadi di Papua yang menyasar ke anggota TNI/POLRI maupun warga sipil selama kurun waktu bulan Maret dan April 2024," ujar Atnike Nova Sigiro, Senin 15 April 2024.

BACA JUGA:

Atnike Nova Sigiro mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut kasus-kasus tersebut secara transparan dan akuntabel.

"Komnas HAM mendesak pengusutan kasus-kasus kekerasan yang terjadi di Papua secara transparan oleh Aparat Penegak Hukum, serta penegakan hukum secara akuntabel terhadap pihak-pihak yang terlibat demi tegaknya supremasi hukum," katanya.

Adapun 12 peristiwa yang disebut, yaitu kontak tembak antara aparat gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada 1 Maret 2024.

Penembakan dua prajurit TNI yang diduga dilakukan oleh KSB di Kulirik, Puncak Jaya pada 17 Maret 2024 dan penembakan satu anggota Satgas Kostrad Yonif Raider 323/BP yang diduga dilakukan KSB di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, 22 Maret 2024.

BACA JUGA:

Kemudian juga adanya penembakan yang diduga dilakukan oleh KSB terhadap dua anggota Polri saat berjaga di helipad di Kabupaten Paniai, 20 Maret 2024. 

Sedangkan pada April 2024 tercatat dua orang perempuan menjadi korban kekerasan seksual dan penganiayaan oleh sekelompok orang di Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, 5 April 2024.

Selain itu, penyerangan terhadap warga sipil juga terjadi, antara lain pembunuhan Kepala Kampung Modusit yang diduga dilakukan KSB di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, 8 April 2024.

Masih di tanggal yang sama, juga terjadi kontak tembak antara TNI-POLRI dan KSB di Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah.

Lalu juga ada penembakan dua warga sipil yang diduga dilakukan KSB di kios jembatan Yessey Mersey, Kampung Kago, Distrik Ilaga pada 9 April 2024. (Intan Afrida Rafni) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: