OPM Rilis Video Terbaru Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens: TNI Lakukan Pemboman Lewat Udara, Saya Tidak Aman

OPM Rilis Video Terbaru Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens: TNI Lakukan Pemboman Lewat Udara, Saya Tidak Aman

OPM Rilis Video Terbaru Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens-fin/diolah-X Twitter

FIN.CO.ID - TPNPB OPM di bawah Pimpinan Egianus Kogoya merilis video terbaru. Dalam video tersebut pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens meminta TNI tidak melakukan operasi pemboman di wilayah indonesia di Ndugama, Papua. 

Video ini dirilis TPNPB OPM pada 12 April 2024. Diketahui, Philip Mark Mehrtens, warga negara Selandia Baru itu ditawan dan dijadikan sandera oleh OPM.

Dalam video itu, Philip Mark Mehrtens berada di tengah dikelilingi anggota TPNPB-OPM yang memegang senjata api. 

Philip memakai topi, berkaus cokelat, bercelana pendek, dan bersepatu boots. Wajahnya berkumis dengan jenggot panjang yang dikuncir. Pada video itu, Philip membuat video testimoni dan mengirimkan pesan untuk TNI.

“Di daerah sini TNI pakai pesawat pemburu dan lepas bom besar. Orang-orang di sini minta tolong jangan pakai pesawat pemburu, jangan pakai bom. Mereka punya senjata saja tidak pakai pesawat tidak pakai bom besar, jangan begitu tolong berhenti,” ujar Philip dalam video seperti dikutip dari akun X Hsgm pada Sabtu, 13 April 2024.

BACA JUGA:

Dalam pernyataannya, Philip Mark Mehrtens juga menyebut TNI melepas bom pada malam hari dan pagi dini hari. Menurutnya, pemboman itu membuat dirinya tidak aman. 

“TNI lepas bom malam, pagi sekali masih gelap, pakai pesawat tempur lepas bom besar semua tanah habis. Dulu saya di tempat aman. Tetapi karena pesawat pemburu lepas bom di mana-mana tentara Papua ambil saya lagi, putar-putar, sudah tidak aman untuk saya. Tolong jangan pakai pesawat tempur, jangan lepas bom besar,” ucap Philip Mark Mehrtens.

Dia juga meminta negara-negara asing berbicara dengan Indonesia agar TNI tidak menggunakan aksi pemboman dalam memerangi TPNPB-OPM.

Anggota Brimob yang Dimutasi Terjadi Tahun 2023

Seorang yang diduga anggota Satgas Brimob jadi korban kekejaman KKB (kelompok kriminal bersenjata) di Papua. Tak hanya dibunuh, jenazah anggota Polri tersebut juga dimutilasi secara keji dan sadis. 

Kesadisan KKB terhadap anggota Brimob itu terekam jelas dalam video berdurasi 2 menit 20 detik yang beredar di media sosial.

Korban diduga anggota Satgas Brimob terlihat dari kaos yang dipakainya. KKB sengaja merekam aksi kekejamannya terhadap personel Brimob dan disebarluaskan ke publik. 

Versi polisi, peristiwa itu bukan kejadian baru. Mutilasi anggota Brimob ole KKB terjadi pada 2023 lalu.   

Dalam video itu, terlihat sejumlah anggota KKB menggunakan golok besar menebas beberapa bagian tubuh anggota Satgas Brimob yang tergeletak di tanah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: