Makam K.H Ghalib Pringsewu jadi Wisata Religi Saat Ramadan hingga Lebaran, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Makam K.H Ghalib Pringsewu jadi Wisata Religi Saat Ramadan hingga Lebaran, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

TPU K.H Ghalib ini merupakan peninggalan tokoh ulama-Bianca Chairunisa-(Dws grup)

FIN.CO.ID- Berbicara tentang Pringsewu, Lampung, tidak lengkap tanpa membicarakan Taman Pemakaman Umum (TPU) K.H Ghalib Pringsewu. 

TPU K.H Ghalib ini merupakan peninggalan tokoh ulama sekaligus pejuang kemerdekaan K.H Ghalib.

Selain dikenal sebagai tokoh ulama dan pejuang kemerdekaan, K.H Ghalib juga dikenal sebagai sosok yang anti kolonial, mulai dari zaman Belanda hingga masa pendudukan Jepang. 

BACA JUGA:

Lahir di Mojosantren, Jawa Timur pada tahun 1899, KH.Ghalib merupakan santri dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH.Hasyim Asy’ari dan Syaikhona Kholil Bangkalan.

Sejak berumur tujuh tahun, KH.Ghalib diserahkan oleh ibunya kepada KH.Ali di kampungnya untuk belajar ilmu agama bersama KH.Hasyim Asy’ari di Pesantren Tebuireng, Jombang, dan juga sempat menjadi santri Syaikhona Kholil Bangkalan.

Menurut KH.Samsul Ma’arif, Pada masa revolusi saat itu jiwa semangat jihad KH. Ghalib ditularkannya kepada para santrinya.

"Termasuk mereka yang bergabung dalam Laskar Hizbullah dan Sabilillah yang terkenal gagah berani dalam berjuang melawan pendudukan Belanda dan Jepang, bukan hanya di wilayah Pringsewu atau Lampung, namun hingga luar daerah,” Ucap K.H Samsul Ma'arif. 

Komplek makam K.H Ghalib rutin dikunjungi oleh masyarakat Lampung hingga dari luar lampung sejak Ramadan hingga Idul Fitri. 

BACA JUGA:

Menurut salah seorang petugas parkir pemakaman, Rohim, dalam satu bulan sekali pasti ada rombongan dari luar provinsi Lampung yang datang menggunakan bus secara berombongan untuk berziarah ke makam K.H Ghalib.

"Setiap bulan pasti ada yang yang ziarah berombongan ke makam K.H Ghalib," Ucap Rohim kepada disway Grup. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa makam K.H Ghalib ini merupakan salah satu wisata religi dari banyak kelompok pengajian di luar Lampung. 

Pada saat disway Grup berkunjung ke makam KH Ghalib pada Jum'at 12 April 2024, tampak ada rombongan ziarah dari Bali yang baru selesai berdoa di makam KH Gholib. (Bianca Chairunisa) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: