Tol Bocimi Longsor, Waktu Tempuh Sukabumi-Bogor yang Biasa Cuma 1 Jam Kini Jadi 6 Jam

Tol Bocimi Longsor, Waktu Tempuh Sukabumi-Bogor yang Biasa Cuma 1 Jam Kini Jadi 6 Jam

Longsor di tol Bocim --

FIN.CO.ID - Pemudik dari Sukabumi ke arah Bogor kini harus berlama-lama di jalan paska Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) longsor di KM 64-600 Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat pada Rabu, 4 April 2024. 

Pemudik yang biasa menempuh perjalanan rata-rata 1 jam hingga 2 jam, kini menjadi 6 jam dari Sukabumi ke Bogor akibat Tol Bocimi longsor.

"Dari hasil laporan, rata-rata pemudik dari Sukabumi menuju Bogor atau sebaliknya menghabiskan waktu perjalanan mencapai enam jam. Ini terjadi sejak Tol Parungkuda longsor, kepadatan kendaraan pun sudah terjadi dari pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB," ungkap Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Fiekry Adi Perdana, Sabtu, 6 April 2024 malam.


Lokasi Tol Bocimi yang longsor -Henry Purba-ANTARA

Diungkapkannya, biasanya dari Sukabumi menuju Bogor hanya ditempuh dengan waktu 1,5 hingga 2 jam jika melalui pintu keluar Tol Parungkuda.

"Tapi karena Tol Parungkuda ditutup akibat longsor, sehingga pemudik harus menggunakan jalur utara Sukabumi," katanya.

BACA JUGA:

Menurut Fiekry, waktu tempuh tersebut karena meningkatnya volume kendaraan di jalur utama mudik (non-tol) Kabupaten Sukabumi, pasca jalur Tol Parungkuda ditutup sementara akibat longsor. 

Praktis, dengan ditutupnya jalur tersebut, Tol Bocimi hanya bisa melayani pemudik sampai dari Ciawi hingga Cigombong Bogor.

Kendaraan roda empat atau lebih yang seharusnya bisa memanfaatkan Tol Bocimi dari gerbang Tol Ciawi hingga exit Tol Parungkuda, tapi pasca-bencana hanya sampai Cigombong dan berdampak pada kepadatan volume kendaraan di jalur utara Kabupaten Sukabumi yang merupakan jalur penghubung Sukabumi-Bogor.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang, kendaraan dari arah Bogor atau gerbang Tol Cigombong menuju Sukabumi sebagian dialihkan ke Jalur Alternatif Tenjoayu Cicurug.

Selain itu, jika volume kendaraan sudah benar-benar padat, pihaknya kemungkinan besar akan melakukan one way atau satu arah dari arah timur sembari membereskan kondisi lalu lintas di sekitar Pasar Cicurug.

"Puncak mudik di Sukabumi sudah mulai terjadi. Kemungkinan selain Sabtu, puncak mudik terjadi pada Minggu (7/4), dan diprediksi kendaraan yang ke Sukabumi akan jauh lebih banyak dibandingkan yang keluar," katanya.

Sementara, salah seorang warga asal Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi NP mengatakan, dirinya berangkat dari Sukabumi pukul 13.00 WIB namun baru tiba di Bogor atau tepatnya di Gerbang Tol Cigombong pukul 19.00 WIB.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: