H-5 Lebaran, Arus Mudik Meningkat di Tol Jakarta-Cikampek, Rekayasa Lalu Lintas Contraflow Mulai Diterapkan

H-5 Lebaran, Arus Mudik Meningkat di Tol Jakarta-Cikampek, Rekayasa Lalu Lintas Contraflow Mulai Diterapkan

Tangkapan layar penerapan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek -rafi adhi-ist

fin.co.id - Rekayasa lalu lintas contraflow mulai diterapkan di kawasan Tol Jakarta-Cikampek oleh Jasamarga atas diskresi dengan pihak kepolisian.

VP. Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga, Ria Marlinda Paallo mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mengurai peningkatan volume kendaraan di lokasi.

"Untuk mengurai peningkatan volume lalu lintas pada periode menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang terjadi di Ruas Jalan  PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) lakukan contraflow dari KM 70 s.d KM 55 arah Jakarta Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek pukul 18.18 WIB," katanya kepada awak media, Jumat 5 April 2024.

Menurut pihaknya, volume kendaraan di tol tersebut telah mengalami peningkatan.

"Terpantau volume lalu lintas kendaraan arah Cikampek pada Ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek mulai meningkat," sebutnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar menyediakan persiapan yang cukup ketika mudik.

BACA JUGA:

"PT JTT mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," imbuhnya.

"Pengguna jalan tol juga dapat memperbarui informasi perjalanan dengan mengunduh aplikasi Travoy 4.2 serta hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini," sambungnya.

Sebelumnya, rekayasa lalu lintas di kawasan Tol Jakarta Cikampek (Japek) KM 36 - KM 72 sampai dengan Tol Kalikangkung KM 72 - KM 414 ditunda karena volume kendaraan masih dibawah batas minimal.

Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan mengatakan rencananya rekayasan akan dilakukan Jumat (5/4) pukul 14.00 s.d 24.00 WIB.

Dijelaskannya, hal tersebut karena traffic counting di Tol Trans Jawa masih dibawah volume lalu lintas di bawah batas minimal.

BACA JUGA:

"Ini sudah pukul 14.40 WIB yang seharusnya jadwalnya kita laksanakan Contra flow di KM 48 sampai dengan KM 72 (Tol Japek), kemudian One Way (KM 72 - KM 414 Tol Trans Jawa), ini traffic counting di (KM) 57 di jam 13.00, 14.00, 15.00 tadi angkanya masih 3000, artinya masih di bawah 5000 (kendaraan) parameter untuk melakukan contraflow," katanya kepada awak media, Jumat 5 April 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: