Resmi! BAZNAS Tolak Donasi dari McDonald's untuk Palestina, Ini Alasannya

Resmi! BAZNAS Tolak Donasi dari McDonald's untuk Palestina, Ini Alasannya

Kontroversi ini muncul setelah BAZNAS diberitakan menerima donasi dari PT Rekso Nasional Food, pemegang lisensi McDonald's di Indonesia. -fin/diolah-

FIN.CO.ID - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memutuskan tidak lagi menerima donasi dari McDonald's untuk Palestina. 

Ini dilakukan BAZNAS untuk merespons kritik dari netizen atas kerjasama yang selama ini dilakukan.

Publik menolak atau tidak setuju BAZNAS menerima donasi alais bantuan dari McDonald's, perusahaan waralaba makanan cepat saji tersebut.

"Dengan memperhatikan secara saksama atas kritik dan penolakan dari berbagai elemen masyarakat atas bantuan yang diterima oleh BAZNAS dari McDonald's untuk Palestina, maka BAZNAS memutuskan mengambil langkah ini," ujar Deputi I BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, M. Arifin Purwakananta seperti dikutip dari situs resminya pada Kamis, 4 April 2024.

Kontroversi ini muncul setelah BAZNAS diberitakan menerima donasi dari PT Rekso Nasional Food, pemegang lisensi McDonald's di Indonesia. 

Donasi tersebut disalurkan kepada masyarakat, termasuk sebagai bantuan bagi warga Gaza, Palestina. 

BACA JUGA:


Kontroversi ini muncul setelah BAZNAS diberitakan menerima donasi dari PT Rekso Nasional Food, pemegang lisensi McDonald's di Indonesia. -fin/diolah-baznas

Kerja sama penghimpunan sedekah ini sempat diumumkan melalui Instagram resmi McDonald's Indonesia pada 5 Februari 2024 lalu.

Namun, Netizen mengecam kerja sama tersebut. Sebab, ada afiliasi McDonald's dengan Israel dan seruan boikot global karena dugaan dukungannya terhadap genosida di Palestina. Kritik dan protes netizen ramai di media sosial X atau Twitter dan Instagram.

Sebelumnya, BAZNAS sudah melakukan klarifikasi. BAZNAS mengakui penerimaan donasi dari McDonald's. Namun menegaskan tidak ada pembelian produk restoran dalam penyaluran zakat. 

"BAZNAS tidak menyalurkan zakat masyarakat dengan membeli produk resto yang dimaksud. BAZNAS memang menerima donasi dari perusahaan dan pelanggan resto untuk kami salurkan ke masyarakat sebagaimana tugas utama kami," demikian klarifikasi dari BAZNAS.

Keputusan BAZNAS menolak donasi dari McDonald's diharapkan dapat meredakan kritik dari masyarakat serta memperkuat kepercayaan publik.

"Sikap BAZNAS RI sudah jelas, kami dengan tegas mengutuk keras kebiadaban Israel yang telah membuat rakyat Palestina menderita," papar Arifin.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: