Gempa Taiwan 7,4 Skala Richer, Sejumlah Bangunan Ambruk, Longsor hingga Tsunami di Jepang

Gempa Taiwan 7,4 Skala Richer, Sejumlah Bangunan Ambruk, Longsor hingga Tsunami di Jepang

Gempa Taiwan 7,4 Skala Richer, Sejumlah Bangunan Ambruk, Longsor hingga Tsunami di Jepang--Viral X

FIN.CO.ID- Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR melanda Taiwan timur pada Rabu pagi 3 Maret 2024. Gempa tersebut menyebabkan beberapa gedung berlantai rubuh, longsor hingga tsunami. 

Gempa bumi terjadi sekitar 11 mil dari Kota Hualien, Taiwan. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, gempa mengguncang seluruh pulau di Taiwan dan meruntuhkan bangunan. Gempa susulan juga berkekuatan 6,5 SR.

Sistem Peringatan Tsunami A.S. mengeluarkan peringatan kemungkinan gelombang tsunami yang mungkin terjadi di pantai dalam jarak 300 km (sekitar 186 mil) dari pusat gempa. Tiongkok, Taiwan, dan Jepang mungkin akan terkena tsunami. 

BACA JUGA:

Jepang juga mengeluarkan peringatan tsunami untuk gugusan pulau Okinawa di Jepang selatan. Badan meteorologi Jepang memperkirakan tsunami akan setinggi 3 meter (9,8 kaki).  

Sekitar setengah jam kemudian, gelombang pertama tsunami diyakini telah tiba di pantai pulau Miyako dan Yaeyama. 

Tsunami setinggi 30 cm (1 kaki) mencapai pulau Yonaguni, Jepang pada pukul 09:18 (0018 GMT), dilansir dari Reuters

Badan Seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan bagi warga di wilayah pesisir beberapa provinsi, mengimbau mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

BACA JUGA:

Sebuah bangunan berlantai lima di Hualien- Taiwan, tampak rusak berat, lantai pertama runtuh dan sisanya miring pada sudut 45 derajat. 

Di ibu kota, Taipei, ubin berjatuhan dari gedung-gedung tua dan di beberapa kompleks perkantoran baru. Longsong besar-besaran juga dilaporoan terjadi di beberapa pegunungan di Taiwan

Layanan kereta api dihentikan di seluruh pulau berpenduduk 23 juta orang, begitu pula layanan kereta bawah tanah di Taipei.  

Namun keadaan segera kembali normal di ibu kota, dengan anak-anak berangkat ke sekolah dan perjalanan pagi hari tampak normal.

Kepala biro pemantauan gempa Taiwan, Wu Chien-fu, mengatakan dampaknya terdeteksi hingga Kinmen, sebuah pulau yang dikuasai Taiwan di lepas pantai Tiongkok. Beberapa gempa susulan terasa di Taipei satu jam setelah gempa awal.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: