Bukan ISIS & Al Qaeda! Terorisme Baru Itu Bernama ISKP

Bukan ISIS & Al Qaeda! Terorisme Baru Itu Bernama ISKP

Terorisme Baru Itu Bernama ISKP-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Terorisme global kembali menghantui dunia. Pelakunya bukan Al Qaeda dan ISIS. Melainkan ISKP (Islamic State Khorasan Province) atau Negara Islam Provinsi Khorasan.

ISKP juga yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan di Crocus City Hall, Moskow, Rusia pada 2 pekan lalu. 

Sebelumnya, ISKP juga mengaku terlibat di balik serangan di Kerman, Iran pada 3 Januari 2024 lalu. 

Saat itu, ribuan manusia tumpah ruah untuk memperingati kematian Mayjen Qassem Solemini yang dibunuh Amerika Serikat.

Awalnya, keberadaan ISKP tidak terlalu dianggap penting. Namun, serangan maut di Moskow, Rusia, pada 22 Maret 2024, menyadarkan dunia bahwa bahaya baru terorisme.

BACA JUGA:

Apa Itu ISKP?

ISKP merupakan kelompok afiliasi dari Negara Islam Irak dan Syam yang beroperasi di Afganistan dan Pakistan.

Gerakan ini dipimpin oleh Shahab al-Muhajir. Kelompok tersebut didirikan pada 2015 oleh anggota Taliban di Pakistan yang tidak puas.  

Kemudian memeluk versi Islam yang lebih kerasmengalami penurunan jumlah pejuangnya. Ada sekitar 2 ribu orang tewas dalam operasi militer 2021 kombinasi serangan udara Amerika Serikat dan serangan komando Afganistan.

ISKP mendapat angin segar setelah Taliban menggulingkan pemerintah Afganistan serta penarikan militer Amerika Serikat dari negara itu.

ISKP tercatat pernah melakukan serangan bom bunuh diri di bandara internasional di Kabul pada Agustus 2021 yang menewaskan 13 tentara Amerika Serikat dan sekitar 170 warga sipil.

Pada tanggal 22 Maret 2024, ISKP mengklaim sebagai pelaku Serangan di gedung teater Crocus City Hall 2024, di tepi kota Moskwa, Rusia. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: