Isi Gudang Munisi Daerah Kodam Jaya yang Meledak dan Terbakar: Peluru Kaliber Besar, Amunisi Artileri Medan Hingga Arhanud

 Isi Gudang Munisi Daerah Kodam Jaya yang Meledak dan Terbakar: Peluru Kaliber Besar, Amunisi Artileri Medan Hingga Arhanud

Isi Gudang Munisi Daerah Kodam Jaya yang Meledak dan Terbakar-fin/diolah-X Twitter

FIN.CO.ID - Ledakan yang terjadi dalam kebakaran di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Ciangsana, Bogor diduga karena markas tersebut menyimpan berbagai amunisi berat.

Kadispen TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi membenarkan Gudmurah tersebut berada di bawah Kodam Jaya. 

Api yang membakar kompleks gudang amunisi tersebut cukup besar. Bahkan beberapa kali diiringi ledakan. 

Menurut Kristomei, Gudmurah Kodam Jaya di Ciangsana itu menyimpan berbagai jenis amunisi TNI AD. 

Diantaranya peluru-peluru kaliber besar, munisi untuk artileri medan, dan artileri pertahanan udara (arhanud). Prioritas TNI AD adalah mengevakuasi warga yang tinggal di sekitar gudang amunisi. 

"Warga sudah kami evakuasi ke tempat yang lebih aman. terus berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk mengamankan masyarakat yang ada di sana," jekas Kristomei. 

BACA JUGA:

Sementara itu, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

"Kami sudah mengecek seluruh lokasi, satu kilo ke depan ke arah pemukiman tidak ada korban jiwa. Perlu kami tegaskan tidak ada korban jiwa," ujar Hasan, Sabtu, 30 Maret 2024.

Damkar Kesulitan Masuk ke Lokasi

Di lokasi kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Jawa Barat, menerjunkan tiga mobil pemadam untuk memadamkan api di gudang munisi daerah itu.

"Kita sudah luncurkan dari Disdamkar Kota Bekasi. Kami baru mendorong 3 unit mobil pemadam kebakaran di sana," kata Komandan Pleton B Damkar Kota Bekasi Haryanto di Bekasi, Sabtu malam.

Gudang amunisi milik TNI AD di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten meledak mengakibatkan getaran hingga suara yang sangat keras.

Dari video yang beredar, api juga terlihat membumbung tinggi bahkan hingga terlihat ke pemukiman sekitar. 

Di media sosial X, video ledakan gudang amunisi milik TNI AD banyak tersebar hingga memunculkan sejumlah komentar dari netizen. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: