Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Besok, Kuota 10.000 Orang, Tujuan 26 Kota di Jawa dan Sumatera

Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Besok, Kuota 10.000 Orang, Tujuan 26 Kota di Jawa dan Sumatera

Mudik Gratis Kemenhub dengan tujuan 26 kota di Jawa dan Sumatera-Ayu Novita -fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.ID - Pendaftaran mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 2024 kembali dibuka untuk masyarakat umum pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) membuka pendaftaran mudik gratis lebaran untuk tujuan 26 kota di Jawa dan Sumatera dengan kuota yang disediakan sebanyak 10.000 orang.

Selain antusiasme masyarakat yang begitu besar, Kemenhub melakukannya guna mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor. 

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Darat telah membuka pendaftaran mudik gratis angkutan lebaran 2024 pada tanggal 6 Maret 2024 dengan kuota 30.088 untuk arus mudik dan balik. Kuota tersebut telah terpenuhi pada kota tujuan mudik dan arus balik.

"Ditjen Perhubungan Darat menyiapkan kembali kuota untuk 10.000 orang sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kuota ini," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno di Jakarta pada Jumat, 29 Maret 2024. 

"Sistemnya sama seperti sebelumnya, siapa cepat dia dapat. Dengan ini maka Ditjen Hubdat menyediakan kuota seluruhnya 40.088 orang untuk mudik gratis 2024," lanjutnya. 

BACA JUGA:

Ia menyebutkan rincian dari kuota 10.000 orang ini jumlah penumpang arus mudik sebanyak 8.680 orang dan arus balik sebanyak 1.320 orang. 

Pendaftaran keseluruhan kuota ini akan dilakukan mulai hari Sabtu tanggal 30 Maret 2024 jam 08.00 WIB melalui aplikasi MitraDarat. 

Pendaftaran akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi seluruhnya. 

Adapun kota tujuan mudik yaitu sebanyak 26 kota  antara lain Garut, Cirebon, Blora, Boyolali, Cilacap, Tegal, Demak, Jepara, Kebumen, Klaten, Magelang, Madiun, Pati, Malang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Sragen, Solo, Wonosobo, Tulungagung, Tuban, Wonosari, Bengkulu, Palembang, dan Lampung. 

"Untuk kota asal keberangkatan arus balik yaitu sebanyak 7 kota di antaranya Semarang, Purwokerto, Solo, Surabaya, Wonogiri, Yogyakarta, dan Madiun," jelasnya.(ayu novita)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: