Siap-Siap! Pendaftaran Kuota Tambahan Mudik Gratis DKI Jakarta 2024 Dibuka Pekan Depan

Siap-Siap! Pendaftaran Kuota Tambahan Mudik Gratis DKI Jakarta 2024 Dibuka Pekan Depan

Pendaftaran kuota tambahan mudik gratis Pemprov DKI Jakarta dibuka pekan depan --ist

FIN.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan menambah kuota peserta mudik gratis lebaran 2024.

Pendaftaran kuota tambahan mudik gratis Pemprov DKI Jakarta 2024 akan dibuka pekan depan. Bagi masyarakat yang belum kebagian segera mempersiapkan diri.

"Kami sedang berkoordinasi dengan beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan mereka sudah menyatakan bersedia menambah bus, dan ini yang nantinya kita akan umumkan pada pembukaan pendaftaran sesi kedua," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.

Diungkapkannya hingga saat ini pihaknya tengah melakukan proses verifikasi pendaftar program mudik gratis gelombang pertama.

Dari hasil verifikasi tersebut diharapkan dapat secepatnya selesai sehingga tambahan kuota gelombang kedua sudah bisa diumumkan minggu depan.

"Iya masih tahap verifikasi, kita harapkan dalam waktu dekat kami sudah mendapatkan keseluruhan data pendaftar, kemudian hasil verifikasi, kemudian untuk kita umumkan jika terjadi kekosongan yang tidak memenuhi syarat pada saat mendaftar," ujar Syafrin.

Selain menunggu proses verifikasi, dijelaskannya, pihaknya juga masih menghitung jumlah kuota dan tambahan bus.

BACA JUGA:

Dia berharap pendaftaran gelombang kedua bisa diumumkan pekan depan.

"Sekarang kan sedang verifikasi, kita harapkan Minggu ini paling lambat selesai, sehingga pada awal minggu depan kita bisa umumkan," ujar Syafrin.

Selain itu, di sesi kedua mudik gratis ini Pemprov DKI Jakarta juga bekerja sama dengan sejumlah BUMD lainnya untuk penambahan bus mudik.

Sejauh ini, Syafrin menyebut sudah ada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS (BAZIS)) DKI Jakarta yang memberikan tambahan enam unit bus untuk pendaftar penyandang disabilitas.

Adapun jumlah pendaftar program mudik gratis dari kuota 18.760 yang ditetapkan sudah terpenuhi. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 259 unit bus pengangkut penumpang yang diberangkatkan saat arus mudik dan 210 bus saat arus balik.

Lalu Pemprov DKI juga menyediakan 13 unit truk pengangkut kendaraan bermotor pemudik yang akan diberangkatkan saat arus mudik dan 10 unit truk saat arus balik.

Syarat Pendaftar mudik gratis

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk KTP
  • STNK jika ingin membawa motor.

Daftar 19 kota/kabupaten tujuan bus mudik gratis antara lain:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: