2.000 Unit Bus Disiapkan Damri Layani Pemudik Lebaran 2024

2.000 Unit Bus Disiapkan Damri Layani Pemudik Lebaran 2024

Bus Damri disiapkan untuk angkut pemudik Lebaran 2024--damri

FIN.CO.ID - Perusahaan Umum (Perum) Damri telah menyiapkan sebanyak 2.000 unit bbus untuk mengangkut pemudik pada Lebaran 2024.

Corporate Secretary Perum Damri Chrystian R M Pohan mengatakan 2.000 unit bus Damri disiapkan untuk melayani masyarakat selama masa angkutan Lebaran 2024 di seluruh Indonesia.

“Total armada yang disiapkan untuk angkutan Lebaran di tahun ini kurang lebih 2.000 unit untuk seluruh Indonesia. Itu termasuk untuk cadangan juga, karena kita ada 44 cabang di seluruh Indonesia,” katanya dalam keterangannya, Jumat, 29 Maret 2024.

Pohan menyampaikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masa angkutan Lebaran 2024, Damri juga telah melaksanakan uji kelaikan operasi (ramp check) yang dilakukan sejak13-28 Maret 2024 untuk seluruh unit armada.

Dia mengatakan ramp check itu dilakukan untuk memastikan kinerja dan kualitas layanan transportasi Damri memenuhi harapan masyarakat saat melakukan perjalanan mudik dan arus balik. Semua aspek mulai dari quality control (QC) dan quality assurance (QA) dipastikan dalam kondisi prima.

“Untuk ramp check kita sebenarnya enggak dari internal, tetapi dari Kementerian Perhubungan baik dari pusat maupun dari daerah (dinas perhubungan), kita juga minta mereka melakukan pengecekan,” ucap Pohan.

BACA JUGA:

Pohan juga menyampaikan bawa Damri akan membuka Posko Layanan Pengaduan, sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dapat segera diatasi dengan cepat, salah satunya bila ada kemogokan mobil.

“Posko kita akan buka Posko Mudik sejak 31 Maret. Jadi mulai aktif dari 1 April sampai H+10 Lebaran. Selama posko kita pastinya akan ada layanan call center 24 jam. Semuanya kita siapkan benar benar,” kata Pohan.

Pohan juga mengatakan bahwa Damri telah menyiapkan armada cadangan di beberapa titik strategis guna memastikan respons cepat terhadap situasi darurat, menghindari gangguan perjalanan yang tidak diinginkan, dan menjaga ketepatan waktu dalam layanan transportasi.

Pengalaman dari tahun ke tahun, lanjut Pohan, menunjukkan pentingnya langkah tersebut dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan perjalanan penumpang.

Pohan menyebut armada cadangan Damri telah disiapkan di antaranya di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang, siap untuk bertindak jika diperlukan.

"Kita sebenarnya sudah prepare armada cadangan juga di beberapa titik-titik. Jadi kalau misalnya ada apa di satu titik tertentu sudah bus yang standby, karena menurut pengalaman jika mengirim bus dari titik awal, misalnya ada bus berhenti di tengah perjalanan, itu kan jauh banget dan juga belum tentu mengejar waktunya, Jadi, armada cadangannya kita sudah siapkan juga," jelas Pohan.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: