Apresiasi Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam, Menpora Dito: Pemain Baru Berperan Penting

Apresiasi Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam, Menpora Dito: Pemain Baru Berperan Penting

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Aliotejo saat diwawancarai wartawan.-FIN/Disway Group/Dimas Rafi-

FIN.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Aliotejo mengapresiasi atas kemenangan 3-0 Timnas Indonesia melawan Vietnam pada laga tandang Grup F babak kedua turnamen kualifikasi Piala Dunia 2026. Terlebih lagi, kemenangan ini memecahkan rekor 20 tahun Vietnam yang tidak pernah menang di kandang sendiri.

“Pastinya setiap prestasi yang dihasilkan kontingen kita, atlet kita, atau timnas kita, kita sangat bahagia. Karena ini menunjukkan bagaimana progresnya sangat baik,” ujar Menpora Dito kepada awak media seusai peluncuran Diskusi Publik #KlubBerkawan di Perpustakaan Habibie Ainun, Kamis 28 Maret 2024.

BACA JUGA:

Dito menilai, masuknya pemain baru melalui proses naturalisasi diaspora memegang peranan penting. Maka itu, dia berharap, perjuangan timnas Indonesia bisa terus berlanjut hingga babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan kembali mengukir sejarah.

“Untuk para atlet diaspora, saya sampaikan pada saat raker dengan DPR, saat ini kita mempercepat naturalisasi. Kami ingin atlet-atlet yang kitanaturalisasi ini benar-benar adalah diaspora, jadi memiliki keturunan langsung Indonesia,” tutur Dito.

Tak hanya sepak bola, apresiasi juga diberikan kepada para atlet yang berprestasi di cabang olahraga lain, seperti pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraih gelar juara All England Open dan Swiss Open. 

Dia mengatakan, prestasi ini menunjukkan kegigihan federasi olahraga seperti PSSI dan PBSI untuk memajukan prestasi olahraga nasional.

“Bulu tangkis juga harapannya bisa mendapatkan prestasi terbaik di Olimpiade. Jadi untuk masyarakat, ayo kita sama-sama dukung, berilah kepercayaan kepada kami, kepada federasi, juga kepada atlet dan pelatih. Semangat kami sama, kompak, dan juga semangat kami ingin memberikan yang terbaik untuk Merah Putih,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Dito, Kemenpora saat ini sedang mendata para atlet diaspora dari seluruh cabor yang ada. Data ini nantinya diberikan kepada federasi-federasi olahraga untuk bisa diproses sesuai kebutuhan dan rekomendasi pelatih. 

“Jadi sifatnya Kemenpora menggalang informasi dan database diaspora sedunia yang memang half-blood-nya jelas Indonesia,” pungkas Dito.

BACA JUGA:

(Dimas Rafi)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: