Donald Trump Kutuk Operasi Militer Israel di Gaza

Donald Trump Kutuk Operasi Militer Israel di Gaza

Donald Trump--

FIN.CO.ID - Donald Trump mengutuk serangan militer Israel ke Jalur Gaza, Palestina. Trump memperingatkan Israel telah kehilangan banyak dukungan dari dunia internasional.

Menurutnya, Israel harus menyelesaikan urusannya di Gaza sebelum reputasinya semakin merosot. 

"Ini gambaran yang sangat buruk bagi dunia. Dunia menyaksikan hal ini setiap malam. Saya menyaksikan gedung-gedung ambruk dan mengubur manusia," kata Trump. 

Dia akan bertindak seperti yang dilakukan Israel jika AS yang diserang oleh Hamas. Namun dia menegaskan pengeboman besar-besaran yang dilakukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil di Gaza adalah kesalahan sangat besar.

BACA JUGA:

"Silakan lakukan apa yang harus Anda lakukan. Tapi jangan melakukan mengebom bangunan sipil) itu, menurut saya, itulah salah satu alasan mengapa terjadi pukulan balik," paparnya.

Diketahui, Donald Trump saat masih menjabat presiden AS merupakan sekutu dekat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Bahkan Trump menyebut dirinya sebagai presiden paling pro-Israel dalam sejarah AS.

Trump juga menjatuhkan sanksi terhadap Iran atas permintaan Netanyahu, memindahkan kedubes AS di Israel ke dari Tel Aviv ke Yerusalem. Serta menjadi perantara normalisasi hubungan Israel dengan negara-negara Arab yang dikenal dengan Perjanjian Abraham.

Namun, hubungan keduanya memburuk. Setelah Netanyahu mengucapkan selamat kepada Joe Biden yang memenangkan Pilpres AS 2020 melawan Trump.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: