Islam Khalilov Remaja yang Selamatkan Ratusan Orang Saat Penembakan di Moskow

Islam Khalilov Remaja yang Selamatkan Ratusan Orang Saat Penembakan di Moskow

Islam Khalilov Remaja yang Selamatkan Ratusan Orang Saat Penembakan di Moskow--

FIN.CO.ID- Seorang remaja Rusia bernama Islam Khalilov (15) mendapat sorotan netizen Rusia setelah dirinya menyelamatkan sejumlah orang yang terjebak dalam aksi penembakan yang dilakukan oleh kelompok Islam State atau ISIS di Balai Kota Crocus di Moskow.

Islam Khalilov merupakan seorang siswa sekolah menengah di Rusia. Dirinya bekerja sebagai petugas part time dii ruang ganti Balai Kota Crocus. Saat peristiwa penembakan terjadi, Islam Khalilov merekam dengan ponselnya sambil mengarahkan orang-orang yang sedang panik untuk menuju pintu darurat. 

Islam Khalilov menyampaikan kepada radio Rusia bahwa dia sangat takut tetapi ingin memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal sebelum dia sendiri yang melarikan diri dari lokasi kejadian.

BACA JUGA:

Islam Khalilov tak sendiri, melainkan dirinya bersama dengan rekannya bernama Artyom Donskoy (14). 

Donskoy menceritakan bagaimana orang-orang berlari mencari jalan keluar  hingga mereka menemui jalan buntu. Kedua remaja ini kemudian mengarahkan mereka untuk menuju pintu darurat.

“Saya dan teman-teman melihat ini dan memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri, kami mengarahkan orang-orang dan mengarahkan mereka ke arah yang benar,” kata Donskoy.

“Di sana, pintu darurat dibuka, dan semua orang melewatinya. Saya dan rekan-rekan berusaha memastikan semua orang keluar dan dievakuasi dan kami tidak meninggalkan siapa pun,” seraya menambahkan bahwa mereka adalah orang terakhir yang keluar. 

Rusia memberi penghargaan kepada kedua remaja itu dengan penghargaan keberanian dalam sebuah upacara yang diresmikan oleh komisaris Rusia untuk hak-hak anak. Mereka juga mendapat hadiah laptop baru dan sertifikat dari sekolahnya.

BACA JUGA:

Menurut kantor berita negara Rusia TASS seperti dilansir dari newarab, Islam juga akan menerima penghargaan dari Majelis Spiritual Umat Islam di Rusia. 

Rapper Rusia Morgenshtern juga mengatakan dia akan mengirimi remaja itu satu juta rubel ($11.000).

Diketahui, lebih dari 130 orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka akibat aksi penembakan yang dilakukan oleh lima orang bersenjata otomatis. Mereka menembak secara membi buta ke penonton yang sedang menonton konser di Balai Kota Crocus. Serangan itu disebut yang paling mematikan di Rusia selama dua dekade.

Menurut jurnalis kantor berita RIA Novosti di tempat kejadian, para pelaku yang dilaporkan mengenakan seragam kamuflase, memasuki gedung, melepaskan tembakan dan melemparkan granat atau bom pembakar, menurut jurnalis kantor berita RIA Novosti di tempat kejadian.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: