Tak Perlu Panic Buying, Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

Tak Perlu Panic Buying, Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan ketersediaan bahan pokok selama Ramadan hingga Lebaran 2024 aman.--

fin.co.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan ketersediaan bahan pokok selama Ramadan hingga Lebaran 2024 aman.

"Menjelang Lebaran dan selama bulan suci Ramadan, bahan pokok ketersediaannya lebih dari cukup, banyak," kata Zulhas usai mengikuti Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 25 Maret 2024.

Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panic buying.

"Jadi tidak usah khawatir, membeli seperlunya saja. Karena ketersediaan stok beras, gula, ayam, telur, bawang, cabai, semuanya, lebih dari cukup," tutur Zulhas.

BACA JUGA:Ramadan Sebentar Lagi, Stok Bahan Pokok di Pasaran Mulai Melimpah

Zulhas mengatakan harga bahan pokok tidak naik hingga Lebaran nanti.

"Insyaallah selama Ramadan sampai Lebaran harga tidak naik," pungkas Zulhas.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi menambahkan stok cadangan pangan selama bulan Ramadhan juga sudah cukup, dengan angka mencapai 1,2 juta ton.

“Saya menyampaikan bahwa cadangan pangan pemerintah sangat cukup, hari ini ada 1,2 juta ton. Kemudian tadi Pak Mendag sudah sampaikan ada kerja sama antar daerah,” ujar Arief.

BACA JUGA:4 SPBU Curang Ditemukan Kemendag di Karawang, Bekasi, Bandung dan Serang

Kemudian, Arief juga menilai proses distribusi bahan pokok tidak akan terlalu terkendala lantaran Polri telah memberlakukan pengecualian pembatasan angkutan bahan pokok selama Lebaran.

“Pak Kapolri juga sudah mendukung bahwa transportasi yang berkaitan dengan Sembako tidak akan terhambat, jadi panen untuk bulan ini beras 3,8 juta ton,” tutur dia.

“Kemudian bulan depan 4,9 juta ton dari kebutuhan 2,5 juta ton. Jadi stok kami pastikan cukup,” kata Arief.

-Anisha Aprilia-

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: