TransJakarta Rute Puri Beta 2-Ragunan dan Rute 5D Ancol-Monas Dihentikan

TransJakarta Rute Puri Beta 2-Ragunan dan Rute 5D Ancol-Monas Dihentikan

Ilustrasi - Bus transjakarta--PMJ news

fin.co.id - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah memutuskan untuk menonaktifkan dua rute busnya, yaitu rute 13D Puri Beta 2 (Kota Tangerang)- Ragunan dan rute 5D Ancol - Monas, mulai Februari 2024. 

Keputusan ini diambil karena pertimbangan berbagai faktor, termasuk tingginya permintaan untuk rute-rute alternatif yang lebih diminati oleh penumpang.

Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph, menjelaskan bahwa nonaktifnya rute 13D disebabkan oleh peningkatan jumlah penumpang pada rute-rute alternatif dari Puri Beta, CIledug, Kota Tangerang ke berbagai tujuan di Jakarta. 

"Puri Beta ke Tendean, Puri Beta ke Kuningan, Puri Beta ke Dukuh Atas, sekarang tuh makin diminati pelanggan," ungkapnya, Senin 25 Maret 2024.

BACA JUGA:Transjakarta Gandeng Pemprov DKI untuk Seleksi Produk UMKM yang Dijual di Halte Busway

Dengan peningkatan ini, Transjakarta merasa tidak perlu lagi mempertahankan rute 13D langsung dari Puri Beta 2 ke Ragunan. 

Penumpang yang hendak ke Ragunan dapat menggunakan alternatif transit di Halte Tendean dan melanjutkan perjalanan dengan bus rute 6V.

"Itu pertama rute yang kemarin tidak kita teruskan lagi, karena menurut kita sudah cukup banyak rute koridor utamanya," ucapnya.

Sementara itu, rute 5D Ancol - Monas juga dinonaktifkan karena minimnya minat penumpang akibat lambatnya frekuensi kedatangan bus. 

BACA JUGA:TransJakarta Sediakan 30 Persen Ruang di Sejumlah Halte untuk UMKM

Sebagai solusi, Transjakarta meningkatkan jumlah bus di rute PGC - Monas dan menawarkan alternatif transit di Pal Putih bagi penumpang yang hendak ke Ancol.

Daud menegaskan bahwa keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi penumpang serta untuk memaksimalkan efisiensi operasional Transjakarta. 

- Anisha Aprilia -

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: