Kurangi Risiko Kecelakaan, Pemudik Roda Dua yang Menyeberang di Merak dan Ketapang Akan Dikawal

Kurangi Risiko Kecelakaan, Pemudik Roda Dua yang Menyeberang di Merak dan Ketapang Akan Dikawal

Kamu Ingin Mudik untuk Anak Yang Berusia 1 Tahun? Berikut Tips Keselamatan dan Kenyamanan Buah Hatimu!-Adimas Raditya-ANTARA

FIN.CO.ID - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah memetakan titik krusial dalam pengelolaan arus mudik Lebaran 2024. Penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk menjadi titik krusial dalam pengelolaan arus mudik Lebaran 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, penyeberangan ini memiliki karakteristik tersendiri, Polri telah menyiapkan strategi guna mengantisipasi terjadinya kemacetan pada Lebaran 2024 di pelabuhan.

BACA JUGA:

"Strategi yang kita lakukan adalah mengatur keluar masuk baik itu roda dua, roda empat, dan kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan. Karena area terbatas ini perlu kita atur," kata Aan dalam keterangannya, Minggu 24 Maret 2024.

Untuk mengurangi risiko kecelakaan, lanjut Aan, pihaknya akan melakukan pengawalan untuk pemudik yang menggunakan roda dua dia area penyeberangan.

"Kita akan melakukan pengawalan untuk saudara-saudara kita yang menggunakan roda dua, dilakukan secara berkelompok, nanti dikawal oleh petugas sampai ke tempat tujuan ini berlaku untuk di penyeberangan Merak-Bakauheni kemudian di Ketapang-Gilimanuk," tuturnya.

Selain itu, Korlantas juga akan memberlakukan sistem penundaan perjalanan (delaying sistem) dan buffer zone di sekitar pelabuhan penyeberangan. 

"Ketika pelabuhan sudah padat vc rasio yang sudah tidak moderat kita akan koordinasi, kita akan melakukan penundaan di tempat-tempat yang sudah disiapkan ada di tol di antaranya KM 43 dan KM 68," katanya.

"Kemudian di Cikuasa atas ada buffer zone di arteri juga demikian kita siapkan buffer zone untuk menampung saudara-saudara kita yang melakukan perjalanan baik roda dua maupun roda empat," sambungnya.

BACA JUGA:

(Anisha Aprilia)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: