3 Tingkatan Orang Berpuasa Menurut Imam Ghazali, Anda yang Mana?

3 Tingkatan Orang Berpuasa Menurut Imam Ghazali, Anda yang Mana?

Tips agar tidak haus saat berpuasa.-FOTO/PIXABAY-COM-pixabay

FIN.CO.ID - Hukum puasa di bulan suci Ramadan adalah wajib. Perintah puasa ini langsung dari Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ۝١٨٣

yâ ayyuhalladzîna âmanû kutiba ‘alaikumush-shiyâmu kamâ kutiba ‘alalladzîna ming qablikum la‘allakum tattaqûn

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

BACA JUGA:

Berdasarkan kaidah bahasa Arab istilah puasa disebut 'as-shiyaam atau as-shaum yang berarti menahan. Hakikat puasa terletak pada al-imsak atau kita menahan.

Artinya puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja akan tetapi puasa mendidik kita supaya lebih dekat kepada Allah SWT supaya menjadi pribadi mukmin yang bertakwa.

Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin menerangkan, tingkatan dalam berpuasa. Shaumul umum, shaumul ‎khusus, dan shaumul khususil khusus. Ketiganya bagaikan tingkatan tangga yang manarik orang berpuasa agar bisa mencapai tingkatan yang khususil khusus.

Dikutip dari NU Online, Sabtu 23 Maret 2024, rahasia daripada puasa sesungguhnya yakni membersihkan hati sehingga para ulama membagi puasa menjadi tiga bagian atau tiga tingkatan.

1. Shaumul Awam

Shaumul awam adalah puasa yang hanya sekedar menggugurkan kewajiban hanya terbatas pada menahan perut dari lapar dan menahan kemaluan untuk memenuhi syahwat.

2. Shaumul Khawas

Shaumul khawas adalah puasa yang bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban. Akan tetapi dengan puasa ini pribadi Mukmin mampu mendekatkan diri kepada Allah Swt, puasanya senantiasa diterima dan berpahala yaitu menahan pendengaran, menahan penglihatan, menjaga lisan, menjaga perbuatan dan menjaga seluruh anggota badan dari beragam dosa.

3. Shaumul Khawasil Khawas

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: