Kasihan! Warga Gaza Kelaparan, PBB Minta Israel Buka Blokade Kemanusiaan

Kasihan! Warga Gaza Kelaparan, PBB Minta Israel Buka Blokade Kemanusiaan

Kelaparan Melanda, Warga Gaza Makan Pakan Hewan untuk Bertahan Hidup--anadolu

FIN.CO.ID - Kelaparan melanda warga di jalur Gaza, Palestina pada Ramadan tahun ini. PBB minta tentara Israel membuka blokade bantuan kemanusiaan di seluruh wilayah Gaza.

"Barang-barang kemanusiaan di seluruh Gaza harus dipermudah. Jangan dihambat. Akses harus diberikan," tegas Sekjen PBB Antonio Guterres, Selasa, 19 Maret 2024. 

Saat ini, sebagian wilayah di Gaza sudah mulai dilanda kelaparan. Warga berebut makanan untuk berbuka puasa. Tak sedikit warga yang mengonsumsi makanan ternak untuk dimakan. 

"Ini adalah bencana yang sepenuhnya disebabkan oleh manusia. Hal ini harus dihentikan. Karena itu perlu gencatan senjata kemanusiaan segera," papar Guterres. 

BACA JUGA:

Analisis Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC) memprediksi krisis di Gaza diprediksi akan terjadi pada akhir Mei 2024 mendatang. 

Jika gencatan senjata tidak dilakukan, warga Palestina di Gaza mengalami tingkat kelaparan dan penderitaan yang mengerikan.

"Ini adalah jumlah tertinggi orang yang menghadapi bencana kelaparan yang pernah tercatat oleh sistem. Di mana pun, kapan pun itu," paparnya. 

Dia meminta otoritas Israel memastikan akses penuh dan tanpa hambatan untuk barang-barang kemanusiaan di seluruh Gaza. Termasuk meminta masyarakat internasional mendukung sepenuhnya upaya kemanusiaan PBB.

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: