2.970 Personel Gabungan Amankan Demo di Depan Gedung DPR

2.970 Personel Gabungan Amankan Demo di Depan Gedung DPR

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.-FIN/Disway Group/Rafi Adhi Pratama-

FIN.CO.ID - Sebanyak 2.970 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 19 Maret 2024. Personel gabungan terdiri dari Polri, TNI, dan instansi terkait.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan di lokasi.

BACA JUGA:

"Kami melibatkan personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, dan instansi lainnya. Di DPR/MPR RI melibatkan 2.970 personel dan KPU RI melibatkan 385 personel," kata Susatyo.

Dia mengatakan, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR dan KPU. Namun, sambungnya, itu bersifat situasional.

"Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di depan DPR/MPR RI massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke depan Gedung DPR/MPR RI akan kami alihkan, penyekatan di Pulau Dua," katanya.

Dia berharap, masyarakat yang akan melintas di sekitaran DPR/MPR RI dan juga KPU RI untuk mencari jalan alternatif lainnya. karena, kedua tempat tersebut akan ada aksi unjuk rasa.

"Kendaraan dari jalur dalam tol yang akan menuju pintu keluar tol di depan DPR/MPR RI kami tutup dan diluruskan ke arah Slipi dan juga di sekitaran KPU RI akan di berlakukan rekayasa lalu lintas bilamana eskalasi massa meningkat," tuturnya.

Dia mengatakan, personel yang terlibat dalam pengamanan demo ini harus bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan, serta humanis.

"Kami mengimbau kepada para korlap dan orator untuk melakukan orasi dengan santun dan tidak memprovokasi massa. Lakukan aksi unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas," imbuhnya.

Dia juga meminta, agar pendemo tetap menjaga ketertiban. Sampaikan aspirasi sesuai aturan.

"Dengan persiapan dan kesiapan pengamanan yang sudah kami lakukan, kami mengimbau kepada semua pihak untuk selalu menjaga Keamanan dan ketertiban. Sehingga kegiatan aksi unjuk rasa nanti dapat berjalan dengan aman dan tertib," pungkasnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: