Din Syamsudin Pimpin Demo Desak DPR Gunakan Hak Angket

Din Syamsudin Pimpin Demo Desak DPR Gunakan Hak Angket

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.-FIN/Disway Group/Anisha Aprilia-

FIN.CO.ID - Sejumlah elemen masyarakat yang terdiri dari buruh hingga mahasiswa menggeruduk Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 19 Maret 2024. Aksi unjuk rasa ini dipimpin oleh Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau biasa dikenal Din Syamsuddin.

Dalam orasinya, pemimpin di Indonesia telah merampas hak rakyat dengan intimidasi serta diiming-imingkan bantuan sosial. Padahal, kata Din Syamsudin, pembagian bansos itu telah melanggar konstitusi.

BACA JUGA:

"Bukan hanya pemilu curang, brutal, kejam, penuh dengan penipuan, dan manipulasi. Tapi ini semua adalah kejahatan terhadap rakyat dan kejahatan terhadap kedaulatan rakyat," kata Din dari atas panggung orasi.

Dia mengatakan, kedaulatan rakyat itu telah dirusak oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Oleh karena itu, dia meminta, anggota DPR RI untuk segera menggunakan hak angket dan tidak menutupi kecurangan Pemilu 2024.

"Kita menggugat pemilu curang, kita suarakan kepada wakil rakyat agar segera menggunakan hak angket, agar semua kontroversi bisa dibuka. Saya tidak habis pikir kalau ada partai politik yang tidak mau menggunakan hak angket, itu dapat dianggap mereka ingin menutup-nutupin kecurangan," paparnya.

Tidak hanya itu, Din Syamsuddin juga meminta agar Presiden Jokowi segera dimakzulkan. "Karena sumber masalah, sumber pemasalahan, sumber dari segala masalah bangsa adalah seorang presiden, maka presiden tersebut layak untuk dimakzulkan," pungkasnya.

BACA JUGA:

(Anisha Aprilia)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: