Bahas Harga Tiket Pesawat Jelang Lebaran, KPPU Akan Panggil 7 Maskapai Penerbangan

Bahas Harga Tiket Pesawat Jelang Lebaran, KPPU Akan Panggil 7 Maskapai Penerbangan

Ilustrasi - Cara Pesan Tiket Pesawat Secara Online--(Istimewa)

FIN.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub), akan memantau dengan ketat penjualan tiket pesawat jelang libur Hari Raya Idul fitri 1445 H.

Ketua KPPU, Fanshurullah mengungkapkan, pihaknya akan memanggil 7 maskapai penerbangan terkait harga tiket pesawat jelang lebaran. 

"Merujuk pada beberapa pemberitaan media terkait dengan temuan Kementerian Perhubungan tentang penjualan harga tiket melebihi tarif batas atas yang dilakukan oleh 3 maskapai, maka dalam waktu dekat KPPU akan menjadwalkan panggilan kepada ketujuh maskapai tersebut," ungkap Fanshurullah saat dikutip, Senin 18 Maret 2024.

Menurutnya 7 maskapai tersebut adalah PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk, PT Citilink Indonesia, PT Sriwijaya Air, PT Nam Air, PT Batik Air, PT Lion Mentari, dan PT Wings Abadi. 

BACA JUGA :

Pihaknya meminta maskapai untuk tidak menaikan harga tanpa alasan, serta menginfokan kepada KPPU sebelum mengambil kebijakan menaikkan harga tiket.

"Hal ini sesuai dengan amar putusan KPPU yang telah berkekuatan hukum tetap berdasarkan Putusan Kasasi Mahkamah Agung Nomor 1811 K/Pdt.Sus-KPPU/2022 pada tahun 2023," jelasnya.

Terpisah Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria, Kristi Endah Murni mengatakan, pihaknya akan memantau harga tiket guna memberi kenyamanan para penumpang.

"Kami juga memantau penjualan tiket. Tiket ini sampai sekarang ada beberapa yang sudah meminta extra flight, namun tidak banyak," kata Kristi Endah Murni.

BACA JUGA : 

Kini beberapa maskapai penerbangan juga telah mengajukan jadwal penerbangan tambahan, jelang libur Hari Raya Idul fitri 1445 H.

"Hanya airlines low cost carrier (LCC) yang minta (extra flight), yaitu Citilink, AirAsia, dan Scoot untuk internasional," ucapnya.

420 unit pesawat komersil, akan melayani perjalanan penumpang ke seluruh rute penerbangan selama libur Hari Raya Idul fitri 1445 H.

Diperkirakan periode lebaran 2024 ini, sebanyak 4,4 juta penumpang akan menggunakan pesawat, sehingga naik 12 persen dibandingkan 2023 lalu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: