28,4 Juta Warga Diprediksi Bakal Tinggalkan Jabodetabek pada Mudik Lebaran 2024

28,4 Juta Warga Diprediksi Bakal Tinggalkan Jabodetabek pada Mudik Lebaran 2024

Stasiun Pasar Senen menjadi salah satu lokasi untuk perjalanan mudik warga Jabodetabek pengguna jasa kereta api-Ayu Novita -fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub)memprediksi sebanyak 28,4 juta warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) atau sekitar 14,6% dari 71,7% penduduk Indonesia akan mudik di Lebaran 2024.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, adanya tren peningkatkan mudik merujuk pada survei dari Badan Kebijakan Transportasi.

"Dari angka tersebut sebanyak 14,6% atau sebanyak 28,4 juta org jabodetabek akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2024," ungkap Budi Karya saat jumpa pers yang dilakukan secara virtual pada Minggu, 17 Maret 2024.

Selain itu, ia menjelaskan, ada kenaikan jumlah pemudik di Lebaran 2024 dibandingkan 2023.

"Kecenderungan peningkatan minat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran di tahun 2024, Jika dibandingkan tahun 2023, sebanyak 45,8% atau 123 juta orang," ujarnya.

Kemenhub dan beberapa instansi terkait telah menyiapkan beberapa langkah strategis untuk memastikan kelancaran mudik lebaran.

BACA JUGA:

"Melakukan persiapan operasional dan penanganan transportasi penanganan secara komprehensif," kata Budi Karya.

Kemenhub bersama Korlantas dan Kementerian PUPR melakukan pembatasan angkutan barang yang telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang diterbitkan 5 Maret 2024, lalu.

Melakukan ramp check pada transportasi darat, laut, udara, dan kereta api untuk memastikan kesiapan armada selama mudik Lebaran.

"Kami terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan pengaturan transportasi pada masa angkutan Lebaran 2024 dan meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas," pungkasnya.

Program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat, terutama pengguna sepeda motor yang ingin melakukan mudik.

Budi Karya berharap, dengan dilakukan persiapan yang matang hingga program mudik gratis akan terbangun mudik yang selamat, aman, nyaman, dan juga terwujud mudik ceria. (ayu novita)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: