Suka Ngorok? Ini 5 Alat untuk Mengatasinya!

Suka Ngorok? Ini 5 Alat untuk Mengatasinya!

Mendengkur mengganggu orang yang tidur di sebelahmu. Sumber foto: google--

FIN.CO.ID - Bagi kamu yang selalu mendengkur, memakai alat anti ngorok bisa menjadi salah satu solusi untuk menghetikan masalahmu itu. Dilansir dari Netdoctor orang yang selalu mendengkur setiap malam beresiko menderita penyakit jantung dalam jangka panjang.

Berikut ini lima alat untuk menghentikan kebiasaan ngorok. Simak sampai habis ya!

1. Mandibular Advancement Device (MAD)

Orang mendengkur saat tidur karena lidah turun ke belakang tenggorokkan sehingga menciptakan halangan yang membuat jalan napas bergetar.

Dengan MAD, lidah  tidak akan turun. Sebab cara kerja alat ini adalah memegang rahang bawah kamu untuk menarik lidah ke depan dan udara dapat keluar lebih bebas sekaligus  mengurangi getaran jaringan lunak.

Namun, sebelum digunakan kamu harus merendamnya di air panas terlebih dahulu. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk memasangnya di dokter gigi.

BACA JUGA: 

2. Internal nasal dilator strip nasal eksternal

Tahukah kamu bahwa sebagian lubang hidung seseorang cenderung tertutup, saat bernapas melalui hidung. Jika ingin mengetahui apakah kamu termasuk orang yang suka mendengkur cobalah lakukan tes sederhana ini.

Lihatlah ke cermin, kemudian hirup dalam-dalam dengan mulut tertutup. Jika, lubang hidung kamu mengempis, maka kamu memerlukan dilator hidung. Alat yang berbentuk potongan plastik kecil dan kenyal ini menahan lubang hidung sehingga membuat napas menjadi lebih mudah.

Nah jika kamu tidak suka ada benda asing yang masuk ke dalam hidung. Maka strip hidung adalah pilihan yang tepat. Alat ini adalah plester yang menempel di hidung, dan membantu membuka hidung, sehingga tidak akan ngorok saat tidur.

3. CPAP (Continuous Positive Airway Pressure)

Jika kamu mendengkur terlalu keras dan merasa lelah bahkan setelah tidur malam yang nyenyak, besar kemungkinan kamu mengalami sleep apnea. Untuk diketahui, ada tiga jenis sleep apnea. Yakni obstruktif, sentral, dan kompleks.

Salah satu metode pengobatan sleep apnea adalah menggunakan CPAP. Dengan CPAP tekanan udara agak lebih besar daripada udara di sekitarnya dan cukup untuk menjaga saluran pernapasan bagian atas tetap terbuka, mencegah apnea dan mendengkur.

4. Corong Anti Mendengkur

Corong anti mendengkur membantu menahan lidah atau rahang dalam posisi stabil sehingga tidak dapat menghalangi jalan napas saat tidur.

Ada dua jenis utama corong anti mendengkur:

- Perangkat kemajuan mandibula

Corong ini bekerja dengan menahan rahang bawah ke depan. Bentuknya dapat disesuaikan sehingga pengguna dapat menemukan kecocokan yang lebih nyaman dan efektif.

-Alat penahan lidah

Corong ini membantu menahan lidah di tempatnya sehingga tidak meluncur kembali ke tenggorokan dan mencegah mendengkur.

5. Motion Pillow

Bantal yang dinamakan Motion Pillow ini menggunakan sistem pemantauan tekanan tidur yang dapat mendeteksi posisi kepala seseorang. Motion Pillow memiliki airbag yang dapat diaktifkan untuk memberikan dorongan pada kepala dan leher. Selain itu, bantal pintar ini juga dilengkapi dengan sistem pendeteksi suara yang mampu mendengar dengkuran.

BACA JUGA:

Saat sistem pendeteksi suara merekam suara nafas yang berat maka alat tersebut akan mengirimkan pesan ke Motion Pillow agar mengembangkan kantung udara untuk mengatur kembali posisi kepala penggunanya. Kepala dan leher yang sejajar dengan optimal dapat meningkatkan aliran udara melalui hidung serta mengurangi kemungkinan mendengkur.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: