10 Manfaat Kombucha No 8 Bikin Kurus

10 Manfaat Kombucha No 8 Bikin Kurus

10 Manfaat Teh Kombucha No 8 Bikin Kurus-FIN/FREEPIK-

FIN.CO.ID - Kombucha adalah minuman fermentasi yang telah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu, berasal dari Tiongkok dan menyebar ke Jepang, Rusia, dan sekarang telah menjadi populer di seluruh dunia.

Kombucha dibuat dengan menambahkan bakteri dan ragi ke dalam campuran teh hitam atau hijau, lalu difermentasi selama seminggu atau lebih.

Selama proses ini, bakteri dan ragi membentuk lapisan seperti jamur di permukaan cairan, yang disebut SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast).

Proses fermentasi menghasilkan asam asetat dan beberapa senyawa asam lainnya, jejak kadar alkohol, dan gas yang membuatnya berkarbonasi. Kombucha juga mengandung banyak bakteri yang mungkin memiliki fungsi probiotik

Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

1. Sumber Probiotik Potensial
Kombucha dikenal sebagai sumber probiotik yang baik, yang berfungsi sebagai organisme hidup yang membantu menyeimbangkan flora usus. Probiotik ini dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk pencernaan, peradangan, dan penurunan berat badan
.

2. Manfaat Teh Hijau

Kombucha yang terbuat dari teh hijau mengandung banyak senyawa bioaktif, seperti polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat di dalam tubuh. Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat di muka bumi.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kombucha kaya akan vitamin B, asam asetat, glukuronat, dan D-Sakarida. Ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:

4. Mengurangi Kerusakan Sel Hati

Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa kombucha dapat membantu mengurangi kerusakan sel hati, memberikan bukti lebih lanjut tentang manfaatnya untuk kesehatan hati.

5. Menjaga Kulit

Kombucha, dengan kemampuannya membersihkan tubuh dari dalam, membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Ini adalah rahasia kecantikan yang datang dari alam, tanpa perlu produk mahal.

6. Mengurangi Stress

Kombucha dapat membantu mengurangi stress dan mengurangi tingkat hormon stres, seperti cortisol.

7. Mengurangi Radang Usus

Kombucha dapat membantu mengurangi radang usus dan meningkatkan pencernaan.

8. Mengurangi Berat Badan

Kombucha dapat membantu menurunkan berat badan, karena mengandung beberapa spesies bakteri asam laktat yang mungkin memiliki fungsi probiotik.

9. Mengurangi Penyakit Usus

Kombucha dapat membantu mengurangi penyakit usus, seperti radang usus, kembung, dan sindrom iritasi usus besar.

10. Mengurangi Penyakit

Kombucha juga mengandung antioksidan, yang dapat membunuh bakteri berbahaya dan diketahui dapat membantu melawan beberapa penyakit.

Konsumsi Kombucha

Kombucha dapat ditemukan dengan banyak varian rasa, dan mudah untuk diminum dan dicerna. Namun, perlu diingat bahwa kombucha bukan makanan atau pengganti makanan.

Kombucha tidak cocok untuk semua orang, seperti orang yang sedang hamil, sedang menjalani pengobatan, atau memiliki kondisi medis tertentu. Sebelum memulai konsumsi kombucha, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan minuman ini aman

Cara Membuat Kombucha

Jika Anda ingin membuat kombucha sendiri di rumah, Anda perlu campuran teh hitam atau hijau, gula, dan ragi.

Campuran ini dibiarkan menjalani proses fermentasi selama seminggu atau lebih, hingga bakteri dan ragi membentuk lapisan seperti jamur di permukaan cairan.

Setelah itu, campuran ini dibiarkan beristirahat selama beberapa hari sebelum digunakan. Kombucha dapat disimpan dalam botol tertutup atau kaleng, dan dapat disimpan dalam kulkas atau ruangan dingin.

 

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: