Mau Mudik Lebaran? Ini 11 Komponen Mobil yang Wajib Dicek

Mau Mudik Lebaran? Ini 11 Komponen Mobil yang Wajib Dicek

Cek komponen penting mobil sebelum mudik. Sumber foto:google--

FIN.CO.ID - Anda yang akan mudik dengan menggunakan mobil pribadi sebaiknya melakukan pengecekan pada kendaraan sebelum mudik.  

Hal ini untuk menghindari kerusakan pada bagian komponen tertentu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 langkah untuk menjaga performa mobil Anda tetap prima.

1. Oli

Periksa kondisi semua oli pada mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan. Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak lainnya.

Jika Anda tidak memeriksanya dan ternyata kondisi oli sudah tidak layak pakai atau habis, mobil bisa bermasalah di jalan. Alangkah baiknya diganti semua dengan oli baru sembari servis berkala di bengkel resmi.

2. Ban

Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan sehingga wajib diperhatikan kondisinya.

Pastikan ban dalam kondisi siap pakai, seperti telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga.

Ban yang sudah aus lebih baik diganti karena Anda tidak tahu seperti apa kondisi jalan nanti. Ditambah, mobil diisi muatan penuh yang membuat ban harus bekerja keras menopang sekaligus mengendalikan laju mobil.

BACA JUGA:

3. Filter

Periksa kondisi saringan atau filter pada mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin atau filter AC yang sering terlupakan.

Peran filter tidak bisa dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mengganggu. Dampak buruk filter tidak diganti seperti oli, bensin, dan udara yang terkontaminasi kotoran sehingga mengganggu kerja mesin.

Filter kabin bila tidak diganti dapat mengakibatkan udara AC yang berembus menjadi kotor, bahkan saluran AC mampat.

4. Rem

Dengan beban tugas saat mudik Lebaran yang tidak ringan, Anda harus memeriksa kondisi sistem pengereman. Mulai dari mengecek minyak rem, segera ditambah kalau berkurang. Termasuk, tidak ada kotoran seperti endapan lumpur yang dapat menurunkan performa rem.

5. Shock Absorber

Jangan lupa juga untuk mengecek komponen peredam guncangan atau shock absorber. Saat perjalanan mudik, sektor ini cukup punya peran penting menjaga kenyamanan penghuni kabin.

Konsultasikan dengan pihak bengkel resmi bila ada kendala pada komponen ini, untuk penanganan lebih lanjut.

Pastikan juga tidak ada kebocoran pada selang yang ditandai adanya rembesan di sambungan atau lekukan.

Cek juga kondisi kampas rem sebagai bagian yang menanggung beban berat saat rem beroperasi. Jangan sampai rem mobil blong karena akan memicu kecelakaan fatal.

6. Wiper dan lampu

Cek wiper dan lampu sehingga Anda bisa melihat kondisi jalan saat gelap dan mobil lain juga bisa melihat mobil Anda.

Periksa kondisi lampu, baik lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan juga lampu riting (lampu sein), apakah masih bagus atau sudah mulai redup.  

Cek juga soket lampu dan segera ganti lampu yang mulai bermasalah untuk menghindari lampu mati dalam perjalanan. Bawa serta lampu cadangan, terutama lampu utama dan lampu rem belakang.

7.Knalpot

Cek knalpot bila mendengar suara tidak wajar. Melalui suara Anda bisa mendapatkan peringatan adanya kebocoran. Kebocoran pada knalpot membahayakan penghuni kabin jadi harus segera diperbaiki.

8. Aki Mobil

Aki mobil merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga, pun ada risiko masalah seperti korsleting listrik kalau sampai abai dirawat.

Anda tentu tidak ingin kehilangan daya listrik dalam perjalanan yang membuat mesin mobil tidak bisa dihidupkan.

Termasuk memeriksa kinerja alternator karena tugasnya semakin berat ketika hujan turun, seperti harus menyalakan AC, wiper, dan lampu secara bersamaan.

9.Selang dan belt

Cek selang dan belt untuk memastikan tidak ada yang retak, rapuh, gosong, longgar, atau menunjukkan tanda-tanda aus.

10. Cairan Mobil

Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil, terlebih saat perjalanan jauh. Pastikan air pada tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran di salurannya.

Sementara air washer membantu wiper untuk membersihkan kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. Untuk pengguna mobil manual, pastikan minyak kopling dalam kondisi baik dan tidak bocor.

11. HVAC

Cek sistem pemanas, air conditioning, dan ventilasi (HVAC) karena performa pemanas dan pendingin sangat penting bagi kenyamanan pengemudi dan penumpang.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: