Catat Nih Bun, 8 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadan

Catat Nih Bun, 8 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadan

Fokus membeli barang-barang yang dibutuhkan. Sumber foto: google--

FIN.CO.ID – Tips belanja hemat emang kerap menjadi acuan untuk mengontrol pengeluaran, terutama di bulan Ramadan. Sudah jamak, jika pengeluaran selama Ramadan meningkat drastis.

Ini karena pengeluaran yang tidak biasa. Seperti membeli kebutuhan dapur untuk sahur dan buka puasa, agenda buka puasa bersama, membeli baju lebaran, mengirimkan hampers, dan menyiapkan THR untuk orang-orang terdekat.

Nah berikut ini tips agar anggaran tak kebobolan saat Ramadan yang diolah dari berbagai sumber:

1. Siapkan budget khusus selama Ramadan

Ini dapat membantu Bunda untuk memantau pengeluaran dan menghindarkan diri dari overspending. Anggaran belanja yang telah ditetapkan cenderung membuat Bunda lebih fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan dan menekan pengeluaran yang tak perlu.

Untuk mempermudah tugas Bunda, ada beberapa aplikasi expense manager yang dapat diunduh secara gratis seperti Wally, Spendee, dan Money Lover.

BACA JUGA:

2. Membuat daftar menu selama Ramadan

Ini akan membantu Bunda untuk mengestimasi bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk memasak. Jadi lebih mudah dan hemat dalam berbelanja tanpa ada bahan yang mubadzir.

3. Cek selalu promo-promo Ramadan

Promo banyak diberikan oleh gerai supermarket atau minimarket terdekat. Namun Bunda jangan sampai lupa diri hingga membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

4. Saat malas memasak, Bunda bisa membeli makanan jadi

Kadang membeli makanan jadi bisa jadi salah satu cara untuk berhemat karena kita bisa menentukan harganya tanpa kebablasan. Cukup dengan memasak nasi, Bunda hanya perlu membeli lauk dan sayur untuk dihidangkan bagi keluarga.

5. Makan di luar tak selamanya boros kok

Bunda bisa membandingkan harga paket buffet Ramadan yang ditawarkan hotel atau restoran di dekat rumah. Carilah promo yang hemat dan sesuai dengan anggaran.

6. Bulan Ramadan identik dengan agenda buka puasa bersama

Acara ini bisa membuat pengeluaran membengkak apabila tidak diatur sedemikian rupa. Apalagi ketika ibu-ibu memiliki banyak lingkaran pertemanan. Ada baiknya untuk membatasi agenda buka puasa bersama di luar rumah yang memakan biaya besar. Hadiri acara yang memang penting saja dan alokasikan dana untuk kebutuhan lainnya.

7. Godaan terbesar lainnya di bulan Ramadan adalah berbelanja

Menjelang buka puasa, belanja takjil menjadi hal yang tak pernah dilewatkan. Agar lebih hemat, Bunda bisa membuat menu takjil sendiri di rumah. Jika memang harus membelinya, jangan sampai kalap ya.

Selain itu, Bunda juga harus bisa menahan godaan untuk membeli baju lebaran. Idul Fitri tak harus selalu dirayakan dengan baju baru, lho.

"Kalau ada yang murah dan benar-benar pengen beli, cari yang modelnya bisa dipakai di momen lain misal untuk halal bi halal, pengajian, atau ke kantor. Untuk baju lebaran juga enggak usah meski kembaran, tapi bisa warnanya saja yang senada bersama keluarga," kata Financial Planner Putri Madarina.

8. Tren mengirim hampers atau parcel juga telah menjadi budaya di bulan Ramadan

Namun, jangan sampai Bunda memaksakan diri untuk berbagi hampers dengan sesama. "Budaya hampers itu bagian dari sedekah juga. Tapi sifatnya tidak wajib. Kalau belum bisa, kita harus berani legowo. Atau untuk meminimalisir biaya, bisa bikin sendiri. Jangan sampai hampers jadi tuntutan sosial. Kalau kita ngasih pun, jangan berharap mereka kasih balik," tutur Financial Planner Putri Madarina.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: