Bawa Puluhan Penumpang, Kapal KM Parikudus Terbalik di Kepulauan Seribu

Bawa Puluhan Penumpang, Kapal KM Parikudus Terbalik di Kepulauan Seribu

Evakuasi KM Parikudus yang terbalik di perairan Pulau Rambut Kepulauan Seribu, Senin, 11 Maret 2024--(ANTARA/HO-Polres Kepulauan Seribu)

FIN.CO.ID - Kapal KM Parikudus terbalik di Perairan Pulau Rambut, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan.

Kapal yang membawa sekitar 30 penumpang tersebut terbalik pada Senin, 11 Maret 2024 sore pukul 15.30 WIB, usai menerjang gelombang tinggi.

Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Jarot mengatakan, selain sekitar 30 orang penumpang, kapal tersebut juga membawa tiga anak buah kapal.

AKBP Jarot mengatakan, kapal tersebut berlayar dari Asha Resort Pulau Payung Kepulauan Seribu Selatan hendak menuju Pantai Mutiara Jakarta Utara.

BACA JUGA:7 ABK WNI Hilang dalam Tenggelamnya Kapal di Korsel, Ini yang Dilakukan KBRI di Seoul

Karena kondisi cuaca yang buruk, lanjut Jarot, kapal tersebut lalu diterjang ombak tinggi yang membuatnya terbalik.

"Kondisi cuaca buruk dan gelombang laut tinggi membuat, KM Parikudus diterjang ombak tinggi dan membuatnya terbalik," kata dia.

Jarot menuturkan, seluruh korban yang berada pada kapal tersebut dalam kondisi selamat dan dalam proses evakuasi oleh petugas.

Proses evakuasi kapal KM Parikudus dilakukan oleh petugas dari Polsek Kepulauan Seribu Selatan dibantu Kapal Marina Expres ketika itu sedang melintas di sekitar lokasi.

"Kapal KM Parikudus sedang dievakuasi Pol Air Polres Pulau Seribu bersama Basarnas ditarik menuju Pulau Untung Jawa," jelasnya.

Ia mengatakan catatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) arah angin didominasi dari Barat - Utara dengan kecepatan angin maksimum sebesar 20 knot atau 37 kilometer per jam di Perairan Utara Banten, Teluk Jakarta, Perairan Karawang - Subang, dan Perairan Indramayu - Cirebon.

Kemudian kecepatan angin 25 knot atau 46 kilometer per jam di Laut Jawa bagian Barat dan Perairan Kepulauan Seribu.

Sementara untuk gelombang laut dengan ketinggian gelombang laut 0,5 meter sampai 1,25 meter di Perairan Utara Banten, Teluk Jakarta, Perairan Kepulauan Seribu dan Perairan Karawang - Subang.

Selanjutnya gelombang sedang dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter di Laut Jawa bagian Barat dan Perairan Indramayu - Cirebon.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: