PT KAI Tambah 16 Kereta Jarak Jauh Saat Libur Nyepi dan Awal Ramadan

PT KAI Tambah 16 Kereta Jarak Jauh Saat Libur Nyepi dan Awal Ramadan

Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.--

fin.co.id - Selama periode libur Nyepi dan awal bulan ramadan, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengoperasikan 1.094 Kereta Api Jarak Jauh. 

Atau jika dirata-rata sebanyak 219 perjalanan KA Jarak Jauh pada periode Jumat 8 Maret hingga Selasa 12 Maret 2024.

Terdapat penambahan 16 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi dibanding dengan pekan sebelumnya yaitu Jumat 1 Maret hingga Selasa 5 Maret 2024 sebanyak 1.078 KA Jarak Jauh.

KA-KA Jarak Jauh yang ditambah perjalanannya yaitu yaitu 4 perjalanan KA Manahan (Gambir - Solo Balapan pp), 4 perjalanan KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), 4 perjalanan KA Kaligung (Tegal – Semarang Poncol pp), dan 2 perjalanan KA Argo Cheribon (Gambir – Cirebon pp), dan 2 perjalanan KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp).

BACA JUGA:KAI Sediakan 24 Kereta Tambahan Mudik Lebaran Tahap Kedua, Buruan Pesan Tiket Sebelum Kehabisan!

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal Maret 2024.

Libur panjang ini juga spesial bagi umat muslim yang ingin berkumpul dengan keluarga pada awal Ramadan.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” kata Joni kepada Disway.id Sabtu 9 Maret 2024.

Berdasarkan pantauan pada Sabtu 9 Maret 2024 sore, total tiket KA yang terjual pada Jumat 8 Maret hingga Sabtu 9 Maret 2024 yaitu sebanyak 353.214 tiket atau rata-rata 176.607 tiket per hari.

BACA JUGA:Asyik! Ini 4 Kereta Api Tambahan untuk Mudik Lebaran 2024

Jumlah tiket yang terjual tersebut meningkat 17% dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Dimana pada Jumat 1 Maret hingga Sabtu 2 Maret jumlah tiket yang terjual sebanyak 301.237 tiket.

Adapun update jumlah tiket yang terjual untuk periode Jumat 8 Maret hingga Selasa 12 Maret 2024 adalah sebanyak 599.344 tiket atau 85% dari total tiket yang disediakan sebanyak 709.855 tiket.

“Calon pelanggan yang ingin menggunakan kereta api pada long weekend ini namun belum memiliki tiket, dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI,” kata Joni.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: