Adakan Mudik Gratis 2024, Kemenhub Sediakan 722 Bus

Adakan Mudik Gratis 2024, Kemenhub Sediakan 722 Bus

Kemenhub adakan mudik gratis dengan menyiapkan 722 bus ke sejumlah tujuan di Indonesia.-FIN: Ayu Novita/Disway Group-

FIN.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) mengadakan mudik gratis pada Lebaran 2024. Pada mudik gratis tahun ini, Kemenhum menyediakan 722 bus.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan, kemenhub menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik. Kemudian, kata dia, pihaknya juga menyediakan 900 unit kuota pengangkutan motor dengan truk secara gratis.

BACA JUGA:

“Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk,” kata Hendro dalam keterangannya, Selasa 5 Maret 2024. 

Dia mengatakan, kota tujuan mudik dan balik tahun ini sebanyak 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sumatera. Dengan rincian, tiga kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. 

Kemudian Provinsi Jateng- DIY sebanyak 19 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen, dan Yogyakarta. 

Selanjutnya Provinsi Jawa Timur lima Kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. 

Di Kalimantan dua Kota yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun dan yang terakhir wilayah Sumatera empat kota yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang. 

“Sementara untuk kota asal arus balik terdapat di sembilan kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Pelembang," bebernya.

Kemudian, sambung Hendro, lokasi tujuan mudik dan balik pengangkutan sepeda motor ada lima kota.

"Sedangkan untuk lokasi tujuan mudik dan balik bagi pengangkutan sepeda motor sebanyak lima kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta,” tuturnya.

Dia menyebutkan, penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada hari Kamis 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Kemudian akan diberangkatkan pada hari Jumat 5 April 2024. 

 

"Untuk pemberangkatan penumpang arus mudik akan diberangkatkan dari enam terminal yaitu Terminal Pulogebang Jakarta Timur, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Terminal Jatijajar Depok, pada tanggal 6 April 2024," bebernya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: