Mudik Gratis Ditjen Hubdat Kemenhub 2024 Dibuka 6 Maret, Bisa Daftar Lewat Aplikasi MitraDarat

Mudik Gratis Ditjen Hubdat Kemenhub 2024 Dibuka 6 Maret, Bisa Daftar Lewat Aplikasi MitraDarat

Mudik Gratis Kemenhub 2024--

fin.co.id - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat Kemenhub) menyiapkan 722 unit bus untuk Program Mudik Gratis Lebaran 2024.

Dari sejumlah unit bus tersebut, Ditjen Hubdat menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis 2024.

"Terdiri atas 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam keterangan di Jakarta, Selasa 5 Maret 2024.

Pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2024 dibuka mulai tanggal 6 Maret 2024 sampai dengan 3 April 2024 atau jika kuota sudah habis melalui aplikasi MitraDarat yang dapat terlebih dulu diunduh di Appstore atau Playstore.

BACA JUGA:Mudik Motis 2024: Link, Syarat dan Ketentuan Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

Ia mengimbau masyarakat yang akan pulang kampung dalam rangka Lebaran 2024 untuk ikut Program Mudik Gratis baik yang diselenggarakan oleh Kemenhub ataupun K/L lain, terutama bagi yang berencana naik kendaraan roda dua untuk ke kampung halamannya.

"Kami berharap dengan adanya Program Mudik Gratis Kemenhub 2024 ini dapat mencegah masyarakat untuk mudik dengan sepeda motor, terlebih dengan jarak yang cukup jauh. Mudik dengan sepeda motor tidak kami rekomendasikan karena lebih berisiko terjadi kecelakaan,” tutupnya.

Hendro menyampaikan bahwa Ditjen Hubdat pada tahun ini juga menyediakan 900 unit kuota pengangkutan sepeda motor dengan truk secara gratis.

“Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk,” kata Hendro.

BACA JUGA:Link Pendaftaran Mudik Gratis PNM 2024 Rute Utara dan Selatan

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa kota tujuan mudik dan balik tahun 2024 ini sebanyak 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan serta wilayah Sumatera.

Secara rinci, 3 kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya dan Cirebon. 

Kemudian Provinsi Jateng- DIY sebanyak 19 kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen dan Yogyakarta.

Selanjutnya Provinsi Jawa Timur 5 Kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Di Kalimantan 2 kota yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun dan yang terakhir wilayah Sumatera 4 kota yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu dan Padang.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: