Hari Satwa Liar Sedunia 2024: Upaya Grup MIND ID Lestarikan Satwa Dilindungi

Hari Satwa Liar Sedunia 2024: Upaya Grup MIND ID Lestarikan Satwa Dilindungi

--

FIN.CO.ID - Tanggal 3 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Satwa Liar Sedunia atau dikenal dengan World Wildlife Day. Peringatan setahun sekali ini dimaksudkan meningkatkan kesadaran juga kepedulian terhadap satwa dan tumbuhan liar di dunia yang berperan penting terhadap kelangsungan hidup manusia juga kesehatan Bumi.

Hari Satwa Liar Sedunia 2024 mengusung tema "Connecting People and Planet: Exploring Digital Innovation in Wildlife Conservation" atau dialihabahasakan menjadi "Menghubungkan Manusia dan Planet: Menjelajahi Inovasi Digital dalam Konservasi Satwa Liar."

Di era digital seperti sekarang ini, perlu ada upaya kampanye yang berkesinambungan untuk tetap mengingatkan akan pentingnya peran satwa liar juga tumbuhan liar terhadap kelangsungan hidup umat manusia juga kesehatan planet bumi.

Kita semua berperan untuk saling mengingatkan dan menyadarkan satu sama lain terkait pentingnya peran satwa liar dan tumbuhan liar. Berbagai upaya dilakukan oleh seluruh stakeholder, tidak terkecuali BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum dan PT Timah yang terus berupaya menjaga kelestarian alam dan peduli terhadap satwa liar.

Kepedulian terhadap satwa liar salah satunya dilakukan oleh anggota Grup MIND ID PT Timah Tbk lewat dukungan terhadap upaya rehabilitasi satwa dilindungi untuk menjaga kelestarian satwa. PT Timah Tbk menginisiasi terbentuknya Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) yang berlokasi di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang.

PPS merupakan hasil sinergi PT Timah Tbk dengan Yayasan ALOBI dalam melakukan upaya rehabilitasi satwa dilindungi. PPS didirikan sejak 2018 silam dan kita ada ratusan satwa liar seperti burung, buaya, rusa sambar, kijang, siamang, binturong, owa jawa, beruang, dan satwa liar lainnya berhasil direhabilitasi.

"Dalam rangka memperingati Hari Satwa Liar Sedunia pada 3 Maret 2024, Grup MIND ID menunjukkan eksistensinya dalam melakukan berbagai program pelestarian satwa liar, salah satunya lewat upaya rehabilitasi," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

Terkini ada sekita 126 satwa yang sedang direhabilitasi di dalam 39 kandang habituasi milik PPS Alobi. "Rehabilitasi satwa di PPS Alobi merupakan upaya mengembalikan insting liar satwa sekaligus kesiapan fisik untuk bertahan hidup ketika dilepasliarkan ke alam liar," kata Manajer PPS Alobi, Endi R Yusuf.

Kepedulian terhadap keberlangsungan ekosistem satwa liar juga dilakukan anggota Grup MIND ID PT Aneka Tambang Tbk (Antam) lewat komitmennya dalam melestarikan burung langka Junai Emas.

Unggas mirip dengan merpati tersebut merupakan satwa endemik di Pulau Jiew, Desa Maliforo Halmahera Tengah, Maluku Utara. Berbulu hitam dan berukurang sekitar 32-35 cm, burung Junai Emas kerap menjadi target perburuan ilegal.

"Antam melalui Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara berkomitmen dalam mendukung pengelolaan konservasi burung Junai Emas," kata Heri.

Terkini, ada sekitar 5.400 ekor burung Junai Emas serta 4.000 sarang di Pulau Jiew. Sebagai orang tua asuh, Antam akan mendapatkan data perkembangan setiap dua pekan sekali juga laporan perkembangan konservasi burung Junai Emas juga sarangnya lewat foto dan video.

"Kami serius melakukan upaya pelestarian satwa liar seperti melakukan konservasi terhadap habitat burung Junai Emas yang kini memiliki status terancam punah (Near Threatened-IUCN)," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: