7 Manfaat Konsumsi Akar Teratai untuk Kesehatan

7 Manfaat Konsumsi Akar Teratai untuk Kesehatan

7 Manfaat Konsumsi Akar Teratai untuk Kesehatan -SUMBER : FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Teratai merupakan tanaman air yang sering dijadikan tanaman hias. Selain memiliki bunga yang cantik, ternyata akarnya yang disebut lotus root juga bisa dikonsumsi dengan aman dan memiliki manfaat kesehatan.

Teratai, yang dikenal dengan nama ilmiah Nelumbo nucifera, adalah tanaman dekoratif yang tumbuh di air. Hampir semua bagian tanaman ini, mulai dari bunga hingga akarnya, dapat dimakan atau diolah menjadi obat herbal.

Lotus root memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Berikut adalah daftar kandungan gizi dalam lotus root yang direbus:

  • Kalori: 40 kkal
  • Protein: 1 gram (g)
  • Karbohidrat: 9,6 g
  • Natrium: 27 miligram (mg)
  • Kalium: 218 mg
  • Folat: 8 mikrogram (mcg)
  • Vitamin C: 16,4 mg
  • Vitamin B: 0,2 mg.

BACA JUGA:

Manfaat akar teratai untuk kesehatan

Di Asia, akar teratai kerap diolah dengan direbus, ditumis, atau digoreng oleh masyarakat. Karena kandungannya yang bermanfaat, akar teratai sering dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Berikut adalah beberapa potensi manfaat akar teratai yang ditemukan dari berbagai penelitian:

1. Mempertahankan kesehatan jantung

Kandungan kalium yang tinggi, sebanyak 218 mg dalam 60 g akar teratai rebus, ternyata dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan memenuhi 5 – 10% kebutuhan harian kalium orang dewasa.

Konsumsi akar teratai juga dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan folat dan vitamin C dalam akar teratai penting untuk pencegahan penyakit jantung.

2. Membantu pencernaan

Akar teratai mengandung serat tidak larut yang membantu melunakkan feses, mempermudah proses pencernaan, dan melancarkan buang air besar. Sebanyak 60 gram akar teratai yang dimasak mengandung sekitar 2 gram serat, mencukupi kebutuhan serat harian.

3. Mengurangi risiko cacat lahir

Lotus root kaya akan vitamin B9 atau folat, yang penting untuk kesehatan dan perkembangan janin, membantu mengurangi risiko cacat bawaan seperti cacat tabung saraf.

4. Menjaga kesehatan hati

Studi menunjukkan bahwa bubuk akar teratai dapat mencegah penyakit perlemakan hati dengan menekan ekspresi gen peradangan terkait dan meningkatkan kadar adiponektin serum, yang melindungi hati. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan.

5. Menjaga berat badan ideal

Ekstrak akar teratai dapat mengurangi massa jaringan lemak dan memiliki efek antiobestias, yang dapat mencegah akumulasi lipid dalam sel dan menurunkan kadar kolesterol darah, mengurangi risiko obesitas.

6. Membantu mengatasi tukak lambung

Akar teratai memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi lambung dari tukak lambung, memberikan efek gastroprotektif yang bermanfaat bagi kesehatan lambung.

7. Meredakan gejala alergi

Bubuk akar teratai dapat membantu meredakan gejala alergi serbuk bunga dengan efek antiinflamasi yang mengurangi kemerahan dan kerontokan rambut. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk memastikan manfaat ini.

Efek samping akar teratai

Meskipun jarang terjadi, beberapa individu mungkin mengalami alergi terhadap akar teratai. Contohnya, seorang anak perempuan berusia 6 tahun mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi akar teratai yang digoreng.

Selain alergi, makan akar teratai juga dapat menyebabkan efek samping seperti

  • Bau mulut
  • Demam
  • Diare
  • Masalah liver.

Meskipun akar teratai memiliki banyak manfaat kesehatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya sebagai obat herbal.

Cara konsumsi akar teratai bervariasi tergantung pada cara pengolahannya. Akar teratai dapat digoreng, ditumis, atau direbus. Mengonsumsi akar teratai dalam jumlah biasa seperti dalam masakan Asia umumnya dianggap aman.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mega Oktaviana

Tentang Penulis

Sumber: